Tak Cuma Pertahanan, Persebaya Siapkan Mental Pemain Hadapi Seri Kedua

Rabu, 13 Oktober 2021 – 18:00 WIB
Tak Cuma Pertahanan, Persebaya Siapkan Mental Pemain Hadapi Seri Kedua - JPNN.com Jatim
M. Syaifuddin berebut bola dengan Dicky Kurniawan pada sesi latihan Jumat (8/10) pagi. (Persebaya.id)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pada seri kedua Liga 1 2021, Persebaya pertama-tama akan berhadapan dengan Persipura Jayapura, Sabtu (16/10). Hingga saat itu, Bajul Ijo terus merampungkan persiapan, salah satunya dengan membenahi lini pertahanan.

Sektor belakang Persebaya memang beberapa kali menjadi sorotan selama seri pertama. Gawang Bajol Ijo tercatat sudah kebobolan 12 gol dari enam pertandingan yang dilakoni.

Pelatih Persebaya Aji Santoso pun mengatakan kebobolan tersebut sedikit banyak juga dipengaruhi faktor mental yang membuat barisan pertahanan mudah sekali dijebol lawan.

”Faktor penting di pertandingan adalah mentalitas,” kata dia, mengutip laman tim, Rabu (13/10).

Beberapa kali gol lawan terjadi begitu cepat, contohnya saat versus PSM Makassar. Tiga gol lawan terjadi hanya dalam kurun waktu sepuluh menit.

Kejadian tersebut terulang kala kontra dengan PSIS Semarang. Gol pertama dan kedua Laskar Mahesa Jenar hanya terpaut tiga menit.

Aji tidak ingin anak-anak asuhnya mengulangi kesalahan yang sama di seri kedua. Mental Rendi Irwan dan kolega digembleng untuk lebih baik kala menghadapi rangkaian pertandingan di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

”Di dalam dan luar latihan, saya ajarkan bagaimana mentalitas yang bagus. Pelatih harus bisa jadi psikolog untuk pemainnya. Kita sudah buktikan itu waktu jadi runner-up musim 2019,” ujar pelatih asal Malang tersebut.

Pelatih Persebaya Aji Santoso turut membenahi mentalitas para pemainnya jelang seri kedua Liga 1 2021.