Liga 1 Akan Pakai VAR, Pelatih Persebaya Minta Disiapkan dengan Matang

Jumat, 09 Februari 2024 – 15:19 WIB
Liga 1 Akan Pakai VAR, Pelatih Persebaya Minta Disiapkan dengan Matang - JPNN.com Jatim
Pelatih baru Persebaya Paul Munster minta LIB untuk benar-benar memperhatikan penerapan VAR pada Liga 1. Foto: LIB

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pelatih Kepala Persebaya Paul Munster mengutarakan bahwa penggunaan VR memang sangat penting. Namun, dia mengingatkan agar penggunaan teknologi itu harus benar-benar diperhatikan.

"VAR sangat penting untuk pertandingan sepak bola, itu bisa meningkatkan kualitas liga. Saya tahu di sini akan memakai VAR, tetapi penggunaannya harus benar-benar dilaksanakan dengan baik," jata Munster, Jumat (9/2).

Pelatih berlisensi UEFA Pro itu menerangkan persiapan penggunaan VAR harus matang mulai dari perangkat, ruangan, bahkan SDM yang terlibat dalam pertandingan sepak bola.

"Jika VAR dipakai di Indonesia, jangan seperti di Thailand yang masih ada kontroversinya. Itu harus dipersiapkan dengan benar 100 persen," ujar pelatih asal Irlandia Utara itu.

PSSI berencana menggunakan VAR pada pertandingan Liga 1 mulai Februari 2024, bahkan PT LIB telah menganggarkan lebih dari Rp100 miliar.

Namun, LIB mengumumkan bahwa rencana itu ditunda dan VAR baru akan digunakan pada championship series, tepatnya pada Mei sebagai periode percobaan.

VAR di Indonesia sebenarnya sudah diterapkan pada Piala Dunia U-17 2023. Saat itu, empat stadion yang menjadi tempat berlangsungnya pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Keempatnya, yakni Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Si Jalak Harupat, Jakarta International Stadium, dan Stadion Manahan Solo sudah menggunakan teknologi tersebut. (antara/faz/jpnn)

Pelatih Persebaya Paul Munster menyinggung soal kontroversi di Thailand terkait dengan penggunaan teknologi VAR di liga mereka.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News