Firza Faturahman, Underdog yang Bawa Pulang Emas Atletik ASEAN Para Games 2022

Kamis, 04 Agustus 2022 – 19:36 WIB
Firza Faturahman, Underdog yang Bawa Pulang Emas Atletik ASEAN Para Games 2022 - JPNN.com Jatim
Atlet asal Kota Surabaya Firza Faturahman berhasil meraih medali emas di Asean Para Games. Foto: Humas Unesa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Salah seorang atlet asal Keputih, Surabaya, memboyong satu medali emas dalam ajang ASEAN Para Games 2022.

Dia ialah Firza Faturahman Listianto yang keluar sebagai kampiun dalam cabor atletik, Senin (1/8).

Humas National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Dwi Cahyo Kartiko mengatakan penambahan medali itu memperkuat posisi kontingen Indonesia di puncak klasemen.

Menurutnya, Firza merupakan atlet yang tidak diunggulkan untuk meraih medali karena tidak termasuk atlet elit. Namun, Firza tiba-tiba muncul di garis terdepan dan menjadi juara.

"Firza, atlet kelahiran Keputih, 21 Mei 2004 ini tengah duduk di bangku kelas XII SMA," ujar Dwi Cahyo, Rabu (3/8).

Sebelumnya, dia juga sudah berkali-kali meraih medali di berbagai kompetisi olahraga, yaitu pada Pekan Paralympic Pelajar Nasional 2019 dengan perolehan tiga medali emas.

Kemudian menyabet perunggu cabor atletik nomor lari 200 meter pada Pekan Paralimpik Nasional 2021 lalu mendapat medali perak di Dubai.

"Total ada 17 atlet Jawa timur yang turun memperkuat kontingen Indonesia. Mereka turun di cabang olahraga atletik, bulu tangkis, judo, panahan, renang, sepak bola CP, voli, dan tenis meja," katanya.

Perolehan emas dari Firza Faturahman memperkuat posisi kontingen Indonesia dalam ajang ASEAN Para Games 2022
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News