Warga Nahdiyin Surabaya Laporkan Akun X yang Ubah Logo NU Jadi Ulama Nambang

Jumat, 21 Juni 2024 – 19:32 WIB
Warga Nahdiyin Surabaya Laporkan Akun X yang Ubah Logo NU Jadi Ulama Nambang - JPNN.com Jatim
Akun X @pasifisste dilaporkan ke Polrestabes Surabaya oleh warga Rungkut Ali Mahfud (50) tentang dugaan pelecehan lambang organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang diubah menjadi ulama nambang. Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Warga Rungkut bernama Ali Mahfud (50) melaporkan sebuah akun X @pasifisstate ke Polrestabes Surabaya atas dugaan pelecehan lambang organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang diubah menjadi ulama nambang.

Ali mengatakan laporan tersebut dilakukan sebagai bentuk keprihatinannya terhadap pihak yang mencoba mengubah logo organisasi Islam terbesar di Indonesia itu.

Laporan itu dibuat pada Kamis (20/6) setelah dia mengetahui unggahan tersebut pada Rabu (19/6) dan sudah terbit LP (laporan polisi) dengan laporan nomor: LPM/ 236 /VI/2024/SPKT/POLRESTABES SURABAYA.

“Saya merasa prihatin adanya di media sosial, twitter (X) itu ada logo NU yang diplesetkan menjadi ulama nambang. Itu yang kami sangat prihatin,” ujar Ali dikonfirmasi pada Kamis (20/6) malam.

Ali menjelaskan bentuk lambang NU yang diubah adalah pada bagian simbol bintang sembilan yang ditambah tulisan Rp dan Dolar Amerika Serikat, bahkan warna hijau bendera NU diubah warna merah.

“Terus nama Nahdlatul Ulama itu diganti dengan ulama nambang. Warna, lambang mestinya nuansanya hijau diganti dengan warna oranye (kemerahan),” ucapnya.

Menurutnya, pengubahan yang paling parah adalah khat atau tulisan berbahasa Arab yang seharusnya bertuliskan Nahdlatul Ulama menjadi ulama nambang.

“Kalau pakai khat itu saja sudah sangat bisa dikatakan sangat melanggar. Itu kan khat itu hak diciptanya NU, tulisan Arab itu, dia artikan bahasa Indonesianya menjadi ulama nambang,” kata dia.

Akun X yang mengubah logo Nahdlatul Ulama menjadi Ulama Nambang dilaporkan ke Polrestabes Surabaya oleh warga nahdiyin.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News