Polda Jatim Beber Penyebab Website Pemerintahan Jadi Sasaran Empuk Peretasan

Selasa, 06 Juni 2023 – 12:07 WIB
Polda Jatim Beber Penyebab Website Pemerintahan Jadi Sasaran Empuk Peretasan  - JPNN.com Jatim
Konferensi pers kasus peretasan website yang dilakukan pemuda asal Lumajang di Polda Jatim. Foto: Dok. Pribadi Wendy untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wadirreskrimsus Polda Jatim AKBP Arman membeberkan penyebab website pemerintahan kerap menjadi sasaran empuk para hacker untuk diretas.

Website yang pernah diretas di antaranya milik Pemprov Jatim, Pemkab Malang, Pemprov Papua Barat, dan lainnya.

Arman menjelaskan website pemerintahan sangat rentan diretas karena para hacker tahu web tersebut tak akan diblokir oleh Kominfo.

“Website pemerintah itu tidak ada pemblokiran oleh Kominfo sehingga saat dihack akan tertampil terus. Itu keuntungan dia search engine optimization atau SEO-nya meningkat,” jelas Arman, Senin (5/6).

Dia mengatakan selain mendapatkan keuntungan dari menjual website yang diretas, aksi para hacker juga dilatarbelakangi gengsi untuk membesarkan nama di komunitasnya.

"Yang dikatakan hacker itu bukan financial saja, tetapi eksistensi diri. Makin banyak yang berhasil diretas, ilmunya tinggi, makin diakui komunitas dan makin dicari orang bagi mereka," katanya.

Menurutnya, rata-rata para hacker mempelajari ilmu hacking secara autodidak dengan memanfaatkan pengetahuan lewat internet. Selain itu, mereka juga saling belajar lewat wadah sebuah komunitas.

“Jadi, bisa dikategorikan pemula, tetapi juga perlu diantisipasi karena makin banyak pemula yang berhasil meretas makin banyak yang pandai,” ujarnya. (mcr12/jpnn)

Polda Jatim membeberkan penyebab website milik pemerintahan selalu menjadi sasaran bagi hacker untuk diretas.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News