Bubuk Mesiu Ditemukan dalam Ledakan Rumah di Blitar, Polisi Dalami Sumbernya

Rabu, 22 Februari 2023 – 13:04 WIB
Bubuk Mesiu Ditemukan dalam Ledakan Rumah di Blitar, Polisi Dalami Sumbernya - JPNN.com Jatim
Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa serta Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V/Brawijaya saat meninjau lokasi ledakan di Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, Jatim, Selasa (21/2).

jatim.jpnn.com, BLITAR - Polda Jatim masih menyelidiki asal bubuk mesiu dari kasus rumah meledak di Dusun, Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Kapolda Jatim Irjen Toni Harmanto mengatakan pihaknya memastikan siapa saja yang terkait dalam peristiwa ledakan tersebut.

“Jadi, tidak berhenti di sini yang diduga menjadi korban apakah juga pelaku, masih proses pengembangan," kata Toni, Selasa (21/2).

Pihaknya juga belum bisa menangkap pihak-pihak lain yang terkait karena harus ada bukti sah dan meyakinkan tentang keterlibatannya.

“Masih proses penyelidikan. Jadi, siapa yang terkait penyelidikan ini pasti kami lakukan proses hukum. Kami juga mendalami siapa sumbernya,” ujarnya.

Tim Labfor juga selesai memeriksa bahan yang ditemukan di lokasi ledakan. Namun, untuk jumlah barang sebelum ledakan belum bisa dipastikan.

"Dipastikan ada kandungan senyawa kimia yang digunakan dalam ledakan di sini. Kami tidak bisa prediksi untuk itu, tetapi melihat seperti ini (dampak ledakan) bisa dibayangkan sendiri," tuturnya.

Terkait dugaan ledakan high explosive atau low explosive, Toni menyebut ledakan yang terjadi dengan kategori rendah bahannya mudah terbakar, sedangkan yang tinggi dipicu karena detonator.

Polda Jatim masih menyelidiki bubuk mesiu dari kasus ledakan rumah di Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News