Ribuan Polisi Bakal Disiagakan Saat Sidang Perdana Tragedi Kanjuruhan di Surabaya

Rabu, 11 Januari 2023 – 21:09 WIB
Ribuan Polisi Bakal Disiagakan Saat Sidang Perdana Tragedi Kanjuruhan di Surabaya - JPNN.com Jatim
Polisi menembakkan gas air mata untuk menghalau suporter yang masuk lapangan usai pertandingan sepak bola BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pras)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 1.800 personel kepolisian bakal disiagakan dalam pengawalan jalannya persidangan perdana Tragedi Kanjuruhan yang bakal digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (16/1).

“Jadi, ribuan personel yang terjunkan tersebut berdasarkan situasi dan kondisi yang ada di lapangan,” kata Kabag Ops Polrestabes Surabaya AKBP Toni Kasmiri, Rabu (11/1)..

Toni memerinci apabila dalam kondisi yang kondusif, hanya 800 personel diterjunkan.

“Apabila dinamika di lapangan itu terjadi, kami ploting di lapangan 1.800 personel. Namun, jika kondisi tidak memungkinkan, bisa ditambahkan lagi personelnya,” ujarnya.

Asumsi jumlah personel yang diterjunkan tersebut berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilakukan antara Polrestabes Surabaya beserta jajaran terkait.

“Jadi, pengamanan yang kami siapkan ada empat. Rencana pengamanan sidang terbuka, rencana pengamanan sidang hybrid, sidang online, dan sidang kontingensi,” tuturnya.

Tono pun menghimbau kepada suporter Arema FC, Aremania untuk tidak datang menghadiri persidangan tersebut guna meminimalisasi potensi bentrokan yang terjadi dengan suporter Persebaya, Bonek Mania.

“Jadi, diimbau kepada Aremania percayakan pada hukum yang berlaku. Pelaksanaan sidang juga transparan,” ucap perwira melati dua tersebut.

Polrestabes Surabaya memastikan tak beri izin Aremania Ribuan personel kepolisian disiagakan untuk kawal persidangan perdana kasus tragedi Kanjuruhan
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News