Janji Jenderal Andika Beber Identitas TNI yang Tendang Suporter di Kanjuruhan

Senin, 03 Oktober 2022 – 15:54 WIB
Janji Jenderal Andika Beber Identitas TNI yang Tendang Suporter di Kanjuruhan - JPNN.com Jatim
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa bakal membeberkan identitas oknum tentara yang tendang suporter dalam tragedi Kanjuruhan. Foto: Aristo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Oknum TNI yang terbukti menendang suporter dalam tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober lalu bakal langsung diproses pidana.

Hal itu yang dijanjikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa seusai mengikuti rapat koordinasi bersama sejumlah kementerian dan lembaga di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (3/10).

Dia memastikan kekerasan di luar kewenangan itu bukan lagi mengarah kepada pelanggaran disiplin, melainkan pidana.

"Karena memang itu sudah sangat berlebihan. Itu bukan dalam rangka mempertahankan diri atau (yang lain) misalnya. Itu bagi saya masuk ke tindak pidana," ujar Andika.

Dia juga menyampaikan tim TNI telah mulai melakukan investigasi mengenai kemungkinan keterlibatan beberapa oknum tentara yang melakukan kekerasan pada beberapa suporter di area lapangan Kanjuruhan.

Kejadian penendangan suporter oleh tentara memang terlihat dan viral dalam beberapa video yang beredar di tengah masyarakat.

"Ya, kami sudah sejak kemarin sore melakukan investigasi sekaligus kami lanjutkan dengan proses hukum. Karena apa? Karena memang yang viral itu, itu kan sangat jelas tindakan di luar kewenangan (prajurit TNI)," ujar Andika.

Meskipun begitu, kata dia, hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan identitas oknum TNI tersebut.

Jenderal Andika juga meminta bagi masyarakat yang memiliki video penendangan suporter oleh tentara untuk mengirimkan kepadanya atau Puspen TNI.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News