Simpatisan Anak Kiai Jombang yang Ditangkap Jadi 320 Orang

Kamis, 07 Juli 2022 – 21:10 WIB
Simpatisan Anak Kiai Jombang yang Ditangkap Jadi 320 Orang - JPNN.com Jatim
Polisi menyisir dan menggeledah beberapa kamar untuk mencari keberadaan anak kiai Jombang MSAT di Pesantren Shiddiqiyyah. Foto: Dok. Pribadi Dofir untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, JOMBANG - Simpatisan dari buronan kasus pencabulan santriwati, Mochamad Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Bechi yang ditangkap polisi bertambah.

Sebelumnya, polisi menangkap 60 simpatisan dan sukarelawan yang menghalangi upaya personel Brimob menangkap anak kiai Jombang tersebut.

Jumlah tersebut bertambah menjadi 320 orang. Mereka diduga massa dari luar daerah yang mencoba menghalangi proses penangkapan paksa MSAT.

"Kami sudah melakukan upaya mengamankan ke Polres Jombang, jumlahnya 320 orang, 20 di antaranya adalah anak-anak," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Dirmanto, Kamis (7/7).

Dirmanto menyebut dari ratusan simpatisan itu kebanyakan bukan penduduk pesantren atau santri Shiddiqiyyah. Mereka berasal dari beberapa daerah di luar Jombang.

"Ini masih kami pilah karena banyak yang dari luar kota. Ada Malang, Banyuwangi, Semarang, Yogyakarta. Bahkan, dari luar Jawa hingga Lampung," bebernya.

Ratusan orang tersebut diangkut menggunakan truk polisi dan Satpol PP menuju Polres Jombang untuk menjalani pemeriksaan.

Selain itu, polisi juga menangkap seorang sopir yang menghalangi penangkapan MSAT pada Minggu (3/7). Pria berinisial DD tersebut sempat melarikan diri ketika mobilnya berhasil diberhentikan polisi. (mcr12/jpnn)

Sebanyak 320 simpatisan anak kiai di Jombang ditangkap polisi lantaran menghalangi upaya penangkapan paksa MSAT.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News