Smekdors Fiesta Fest Jadi Ajang Siswa Belajar Secara Nyata Kelola EO

Minggu, 27 Oktober 2024 – 19:55 WIB
Smekdors Fiesta Fest Jadi Ajang Siswa Belajar Secara Nyata Kelola EO - JPNN.com Jatim
Salah satu pemenang Smekdors Fiesta dari The Jaazt Band saat tampil di lomba band anterpelajar se-Indonesia di Mal Grand City, Surabaya, Sabtu (26/10). Foto: Arry Saputr/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - SMK Dr Soetomo (Smekdor) kembali menggelar Smekdors Fiesta Fest XXII 2024 di Mal Grand City Surabaya.

Lomba band antarpelajar se-Indonesia itu sekaligus menjadi ajang belajar bagi siswa Smekdor yang terlibat sebagai event organizer selama acara berlangsung.

Kepala Smekdor Juliantono Hadi mengatakan ada 50 siswa yang dilibatkan dalam acara itu dari kelas 10 dan 11. Beberapa di antaranya adalah anggota OSIS dan siswa jurusan Akuntansi, Perhotelan, Produksi film, PSPT (Jurusan Produksi dan Siaran Program TV), dan bisnis ritel.

“Konser ini menjadi wadah bagi siswa untuk belajar bagaimana menghandle acara, mulai penataan panggung, konsumsi, persiapan audio-video, hingga menyediakan juri tanpa bantuan dari sekolah,” ujar Juliantono, Sabtu (26/10).

Menurutnya, dengan menggunakan pembelajaran seperti itu, siswa lebih terlatih dalam berorganisasi dan kerja sama tim.

Selain itu, membangun tanggung jawab dan disiplin dalam diri siswa karena setiap projek akan dipegang masing-masing oleh mereka dalam sebuah tim.

Juliantono mencontohkan, tata panggung dan audio-video dikelola siswa jurusan PSPT atau broadcasting, konsumsi dari perhotelan, penjualan tiket dari Akuntansi, highlight event dari produksi film dalam bentuk dokumenter dan peserta dikelola oleh OSIS.

Dari masing-masing projek tersebut, mereka akan membuat laporan selama kegiatan berlangsung dan akan dikonversikan pada nilai mata pelajaran masing-masing jurusan. 

SMK Dr Soetomo memberikan siswa pembelajaran secara nyata mengelola EO lewat Smekdors Fiesta.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News