Momen Langka, Bungai Bangkai Mekar di Kebun Raya Purwodadi

Selasa, 15 Oktober 2024 – 16:09 WIB
Momen Langka, Bungai Bangkai Mekar di Kebun Raya Purwodadi - JPNN.com Jatim
Bunga Bangkai mekar di Kebun Raya Purwodadi, Jawa Timur, Minggu (13/10). (ANTARA/HO-Kebun Raya Purwodadi)

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Kebun Raya Purwodadi mengumumkan momen langka, yaitu mekarnya pertama kali bunga Amorphophallus titanum atau yang lebih dikenal nama Bunga Bangkai.

General Manager Kebun Raya Purwodadi Galendra Jaya mengatakan fenomena itu terjadi setelah periode dormansi yang panjang dan menandai salah satu dari momen dalam tahun ini.

Galendra mengatakan Amorphophallus titanum ditemukan di hutan hujan Sumatera dan dikenal dengan aroma kuat dan menyengat yang dihasilkan saat mekar, yaitu mirip bau daging busuk yang berfungsi menarik penyerbuk, seperti lalat dan kumbang pemakan bangkai.

“Setelah penyerbukan, bunga tersebut mulai layu dan proses siklus hidup tanaman berlanjut ke pertumbuhan daun besar yang mengumpulkan energi untuk fase mekar berikutnya,” ujar Galendra, Senin (14/10).

Di Kebun Raya Purwodadi, bunga bangkai sudah terlihat kemunculan perbungaannya sejak awal Oktober 2024 dengan bobot umbinya mencapai delapan kilogram.

Inisiasi pembukaan mekar kelopak sudah terlihat sejak Minggu (13/10) pukul 10:00 WIB dan masih terdapat 12 bunga bangkai lain yang menyusul untuk berbunga.

Meski berada di dataran rendah yang kering, tim Kebun Raya Purwodadi telah melakukan berbagai upaya dalam perawatan dan pemeliharaan tanaman termasuk teknik pengairan dan pemupukan yang optimal serta teknik penyesuaian microclimate yang tepat.

Kebun Raya Purwodadi pun mengundang pecinta tanaman maupun masyarakat untuk menyaksikan mekarnya Amorphophallus titanum.

Untuk pertama kalinya, bunga bangkai mekar di Kebun Raya Purwodadi Pasuruan setelah periode dormansi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News