Atasi Banjir, Pemkot Surabaya Bangun 16 Rumah Pompa Baru

Senin, 16 September 2024 – 19:37 WIB
Atasi Banjir, Pemkot Surabaya Bangun 16 Rumah Pompa Baru - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau rumah pompa di Bulak. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 16 rumah pompa baru telah dibangun dalam waktu tiga tahun terakhir di Surabaya. Tujuannya untuk mengatasi masalah banjir dan genangan ketika hujan deras melanda.

Rumah pompa baru ini, menambah total 77 rumah pompa yang tersebar di seluruh Kota Surabaya.

“Rumah pompa se-Surabaya itu awalnya sekitar 61. Nah, dalam waktu tiga tahun kami sudah membangun 16 rumah pompa baru,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Senin (16/9).

Eri menjelaskan Surabaya tidak bisa kalau tidak membangun rumah pompa. Pasalnya, rumah pompa ini berfungsi untuk mempercepat laju air dari daratan kota menuju ke laut ketika terjadi banjir dan genangan.

“Maka dari itu, salah satu caranya adalah dengan membangun rumah pompa. Kalau kami menggunakan gravitasi atau elevasi, itu menjadi lama (surut),” jelasnya.

Nantinya, lanjut dia, rumah pompa yang sudah dibangun ini akan dievaluasi setelah musim hujan.

Tujuannya adalah untuk memastikan, apakah rumah pompa ini berjalan maksimal atau masih membutuhkan daya serap yang lebih besar lagi. 

“Jika di tahun ini dirasa kurang maksimal maka pada 2025 akan dilakukan penambahan mesin pompa berukuran lebih besar,” tuturnya.

Pemkot Surabaya bakal bangun rumah pompa baru di tahun 2025 untuk atasi masalah banjir
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News