Tim Dosen Ubaya & UKWMS Ciptakan Kopi Celup Herbal dari Daun Jati

Selasa, 10 September 2024 – 10:35 WIB
Tim Dosen Ubaya & UKWMS Ciptakan Kopi Celup Herbal dari Daun Jati - JPNN.com Jatim
Tim dosen Ubaya dan UKWMS menciptakan inovasi kopi celup herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Foto: Humas Ubaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dosen Universitas Surabaya (Ubaya) dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) menciptakan inovasi kopi celup herbal.

Inovasi ini dibuat oleh Tjie Kok, Noviaty Kresna Darmasetiawan, Hany Mustikasari, Endang Widoeri Widyastuti, serta mahasiswa dari Universitas Surabaya dan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Ketua tim Tjie Kok mengatakan inovasi itu muncul melihat melimpahnya ketersediaan bahan herbal di Desa Kebontunggul, Kabupaten Mojokerto.

Kopi celup yang dinamai Kopi Sedjati itu terdiri dari bubuk daun jati dan bubuk kopi robusta yang memiliki manfaat antioksidan dan antiinflamasi.

“Untuk pengembangan produk selanjutnya dilakukan inovasi dengan kombinasi bubuk herbal dan bubuk kopi robusta,” ujar Tjie, Senin (9/9).

Dia menjelaskan pembuatan inovasi kopi celup herbal dilatarbelakangi tingkat konsumsi kopi di Indonesia yang cukup tinggi.

“Kopi memiliki efek utama untuk stimulasi sistem saraf pusat. Namun, pada kopi celup Kopi Sedjati dikombinasikan bahan herbal sehingga memiliki manfaat lebih bagi kesehatan,” jelasnya.

Menurutnya, Kopi Sedjati memiliki manfaat antioksidan dan antiinflamasi untuk mencegah timbulnya penyakit-penyakit kronis yang terkait dengan peradangan, antara lain aterosklerosis, rematik artritis, termasuk tumor. 

Kopi celup herbal buatan tim Dosen Ubaya dan UKWMS memiliki manfaat lebih bagi kesehatan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News