Tingkatkan Produksi Pertanian, Mahasiswa Buat Alat Inovasi Penanam Jagung Otomatis

Kamis, 29 Agustus 2024 – 20:32 WIB
Tingkatkan Produksi Pertanian, Mahasiswa Buat Alat Inovasi Penanam Jagung Otomatis - JPNN.com Jatim
Alat penanam jagung otomatis hasil inovasi mahasiswa UM Surabaya. Foto: Humas UM Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) membuat alat inovasi penanam jagung otomatis.

Salah satu penggagas ide itu Rifqi Robbani Amin mengatakan pembuatan alat itu didasari minimnya sumber daya manusia.

Pasalnya, generasi muda di Desa Sumberjati, Mojokerto memilih merantau ke kota sehingga para petani di desa membutuhkan alat lebih cepat dalam penanaman jagung.

Rifqi menjelaskan masyarakat di Desa Sumberjati mayoritas bekerja sebagai petani dan salah satu keluhan mereka mencari pekerja dalam proses penanaman.

“Nah, dari situ akhirnya kami memiliki inisiatif, alat ini sengaja dirancang untuk meningkatkan efisiensi kerja para petani sehingga penanaman lebih cepat dan tepat waktu,” ujar Rifqi Kamis (29/8).

Menurutnya, banyak warga yang mengakui alat ini telah berhasil diujicobakan. Rifqi dan tim KKN 15 berharap alatnya dapat diproduksi.

“Untuk biaya keseluruhan sekitar 900.000, tentu ini sangat ideal mengingat penggunaanya bisa jangka panjang,” katanya.

Dia menjelaskan tim KKN telah mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar yang bekerja sama dengan Desa Sumberjati terkait bagaimana proses pembuatan alat ini dan bagaimana pengoperasian.

Mahasiswa UM Surabaya menciptakan alat inovasi penanam jagung otomatis membantu meningkatkat produksi pertanian.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News