Mahasiswa UM Surabaya Ciptakan Tongkat dengan Sensor Roda Otomatis untuk Tunanetra

Kamis, 29 Agustus 2024 – 19:47 WIB
Mahasiswa UM Surabaya Ciptakan Tongkat dengan Sensor Roda Otomatis untuk Tunanetra - JPNN.com Jatim
Yolanda Mahasiswa UM Surabaya penyandang tunanetra mencoba tongkat pintar dengan sensor roda otomatis. Foto: Humas UM Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 18 teknologi tepat guna (TTG) dan 41 produk inovasi dipamerkan dalam Pameran Expo KKN 2024 di gedung At Tauhid Tower lantai 13 dan halaman kampus.

Dalam pameran itu terdapat inovasi menarik, yaitu inovasi tongkat pintar dengan sensor roda otomatis untuk mahasiswa tunanetra berbasis smartphone.

Ketua penggagas inovasi M Febriyanto Firman Wijaya mengatakan alat itu telah diujicobakan di kampus UM Surabaya, mengingat kampus tersebut sebagai kampus ramah difabel. 

Riyan menyebut alat inovasi itu hadir untuk menjawab kebutuhan mahasiswa disabilitas pada kondisi tunanetra.

“Alat ini dilengkapi dengan bahan tongkat yang ringan dan fleksibel,  Sensor Ultrasonik Pendeteksi rintangan atau bahaya, Navigasi GPS Area, Tombol darurat, Reflektor Cahaya, Port Charger, Voice Recorder sebagai alat perekam suara, dan Pointer untuk presentasi,” ujar Riyan 

Menurutnya, pengembangan dan penyesuaian akan tetap dilakukan seiring dengan perkembangan dan kebutuhan mahasiswa disabilitas.

Riyan berharap alat itu bisa diproduksi lebih banyak sehingga bisa bermanfaat untuk mahasiswa tunanetra yang tidak hanya di kampus, tetapi di luar kampus. 

Mahasiswa penerima beasiswa difabel Yolanda (Prodi Pendidikan Agama Islam) yang mengalami tunanetra mengatakan alat itu sangat berfungsi dan membantu dirinya saat di kampus.

Tongkat pintar yang dilengkapi sensor roda otomatis buatan mahasiswa UM Surabaya membantu tunanetra berjalan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News