Sukarelawan Bakti BUMN Berdayakan Masyarakat Desa Tosari Lewat Pelestarian Lingkungan

Minggu, 18 Agustus 2024 – 14:45 WIB
Sukarelawan Bakti BUMN Berdayakan Masyarakat Desa Tosari Lewat Pelestarian Lingkungan - JPNN.com Jatim
Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono (delapan kiri) saat mengunjungi acara pelestarian lingkungan masyarakat Desa Tosari, Pasuruan. Foto: Dok. PT SIER

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Para Sukarelawan Bakti BUMN Batch VI menunjukkan dedikasi dan semangat mereka dalam rangkaian kegiatan yang bertujuan memberdayakan masyarakat Desa Tosari, Pasuruan.

Acara yang dipandu PT SIER itu diisi dengan berbagai aktivitas yang melibatkan warga desa secara langsung. Hal itu untuk mencerminkan semangat gotong-royong dan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

Kegiatan dimulai dengan perjalanan menuju kebun kentang milik warga setempat di mana para sukarelawan berpartisipasi dalam memanen kentang bersama warga.

Selain membantu kegiatan panen, momen itu juga dimanfaatkan agar lebih memahami kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Tosari, yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Para sukarelawan melanjutkan kegiatan menanam bibit pohon arabika di Tanah Kas Desa Tosari.

Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono mengatakan penanaman itu diharapkan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi desa, baik dari segi ekonomi maupun kelestarian lingkungan.

“Kegiatan ini mendukung upaya desa dalam mengembangkan potensi agrowisata berbasis kopi, yang saat ini sedang dikembangkan menjadi salah satu komoditas andalan Tosari,” ujar Edi.

Edi mengapresiasi PT SIER yang telah merancang program berdampak positif bagi masyarakat. Menurutnya, kegiatan itu tak hanya membangun fisik, tetapi semangat kebersamaan dan gotong royong antara masyarakat dan para sukarelawan.

“Harapannya agar sukarelawan betul-betul bisa memberikan kontribusi untuk lokasi kegiatan dan saling sharing dengan masyarakat,” kata dia.

Pelatihan digital marketing UMKM dan pelestarian lingkungan yang diberikan Sukarelawan Bakti BUMN kepada warga Desa Tosari dipenuhi semangat & kepedulian
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News