Tingkat Kepercayaan Terhadap Kejaksaan Diklaim Meningkat Setelah Kasus Ronald Tannur

Kamis, 15 Agustus 2024 – 19:07 WIB
Tingkat Kepercayaan Terhadap Kejaksaan Diklaim Meningkat Setelah Kasus Ronald Tannur - JPNN.com Jatim
Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Mia Amiati mengeklaim kepercayaan masyarakat terhadap lembaganya meningkat setelah banyak dukungan atas vonis bebas Ronald Tannur yang dinilai tak sesuai. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur Mia Amiati mengeklaim kepercayaan masyarakat terhadap lembaga yang dipimpinnya meningkat setelah putusan bebas terhadap Gregorius Ronald Tannur.

Pasalnya, setelah putusan bebas yang diberikan oleh Pengadilan Negeri Surabaya kepada Ronald Tannur, kejaksaan mendapat banyak dukungan dari publik.

Masyarakat lantas menginginkan agar jaksa melakukan upaya yang maksimal agar Ronald Tannur bisa dihukum. 

“Saya kira banyak dukungan kepada kami karena kami melaksanakan tugas dengan amanah, sesuai dengan SOP dan juga pada saat pelaksanaan untuk pengupayaan yang terbaik sesuai dengan ketentuan KUHAP kami menggunakan upaya hukum Kasasi," kata Mia seusai Diskusi Publik 'Peran Serta Masyarakat Tumbuhkan Public Trust Kejaksaan' di Gedung Pascasarjana Unair, Rabu (14/8).

Maka dari itu, kejaksaan berupaya untuk mengoptimalkan kinerja dan pelayanan terhadap publik agar kepercayaan publik terhadap kejaksaan bisa terus meningkatkan. 

"Pada intinya kami akan berupaya untuk mengoptimalkan kinerja masyarakat, semua tugas pokok dan fungsi, dengan mengoptimalkan pelayanan terhadap publik, artinya akan melakukan hal yang linier untuk mendorong tingkat kebijakan publik," ujar dia.

Untuk menghasilkan kerja yang baik dan dipercaya publik, perlu adanya pengawasan eksternal. Pengawasan eksternal itu satunya dari komisi kejaksaan. 

"Dengan adanya pengawasan dari komisi kejaksaan, kami justru merasa ketika ada yang tidak benar dan tidak baik, kami keluar dari jalur sesegera mungkin untuk bisa menjadikan kejaksaan menjadi lebih baik ke depannya," kata Mia.

Tingkat kepercayaan masyarakat kepada kejaksaan meningkat pasca putusan bebas Ronald Tannur.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News