UT Surabaya Buka 2 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru, Ini Syarat & Jadwal Pendaftarannya

Jumat, 19 Juli 2024 – 11:06 WIB
UT Surabaya Buka 2 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru, Ini Syarat & Jadwal Pendaftarannya - JPNN.com Jatim
Konferensi pers penerimaan mahasiswa baru Prodi Diploma dan Sarjana untuk umum dan RPL, Kamis (18/7). Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Terbuka (UT) Surabaya membuka dua jalur pendaftaran mahasiswa baru program studi diploma dan sarjana tahun 2024/2025 yang dimulai pada 6 Mei hingga 26 Agustus 2024.

Manajer Marketing dan Registrasi UT Surabaya Dwianto Asmara mengatakan pendaftaran dibagi menjadi dua jalur, yaitu untuk umum (SMA/SMK, MA, sederajat, dan Paket C). Kemudian jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

"Khusus untuk jalur RPL, pendaftaran ditutup pada 25 Juli 2024," kata Dwianto, Kamis (18/7).

Dwianto menjelaskan pembelajaran di kampusnya harus menerapkan sistem jarak jauh ata daring untuk menjangkau seluruh masyarakat.

"Kami menerapkan sistem belajar yang mandiri, terbuka, dan jarak jauh. Pembelajarannya fleksibel, tidak perlu datang ke kantor (kampus UT Surabaya)," ujar dia.

Menariknya, aturan yang diterapkan oleh UT Surabaya tidak akan mempersulit para mahasiswanya. Salah satunya, pendaftaran kuliah yang tidak dibatasi usia. Batas kelulusannya juga tak terpatok di delapan semester saja.

Kemudian, mahasiswa bisa terus berkuliah asalkan tidak absen dalam registrasi sebanyak empat semester berturut-turut.

"Bagi masyarakat yang ingin kuliah di usia 40 atau 50 tahun masih bisa. Di UT tidak ada batasan harus delapan tahun lulus dan tidak ada drop out (DO). Kalau dia tidak registrasi empat semester baru statusnya nonaktif," jelasnya.

Pendaftaran mahasiswa baru di UT Surabaya dibagi menjadi dua jalur, yaitu untuk umum dan RPL.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News