UT Gelar Seminar Tuk Wisudawan Membahas Etika dalam Bermedia Sosial

Selasa, 05 Maret 2024 – 17:48 WIB
UT Gelar Seminar Tuk Wisudawan Membahas Etika dalam Bermedia Sosial - JPNN.com Jatim
Seminar UT Surabaya membahas etika berinternet dan bermedia sosial dengan narasumber Dahlan Iskan (kanan), Selasa (5/3). Foto Dok. UT.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Terbuka (UT) Surabaya menggelar seminar dalam rangkaian prosesi wisuda yang berlangsung secara daring pada Selasa (5/3). Adapun wisudanya berlangsung pada Kamis (7/3).

Direktur UT Surabaya Dr Suparti, MPd mengatakan seminar tersebut diikuti sebanyak 1.572 wisudawan.

“Seminar itu juga diikuti para tutor UT Surabaya dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Jatim berjumlah 500 orang melalui zoom dan UT TV,” ujar Suparti.

Seminar kali ini mengambil tema ‘Membangun Budaya Santun dalam Bermedia Sosial untuk Menjaga Keutuhan Bangsa’. Tema seminar tersebut diisi oleh narasumber Prof Dr (H.C.) Dahlan Iskan.

Kemudian Guru Besar UT Prof Dr Maximus Gorky Sembiring, M.Sc yang mengambil topik Peran Perguruan Tinggi Membangun Budaya Santun dalam Bermedia Sosial untuk Menjaga Keutuhan Bangsa.

“Tema itu kami pilih sebagai bentuk tanggung jawab perguruan tinggi untuk menyediakan kurikulum yang mencakup pendidikan tentang etika berinternet,” tuturnya.

Suparti menyebut fenomena perilaku warganet yang kurang bijak dalam bermedia sosial masih banyak ditemui.

Contohnya, seperti penyebarluasan berita bohong, ujaran kebencian, diskriminasi, misogini, cyberbullying, trolling atau tindakan sengaja memancing kemarahan.

UT menggelar seminar membahas etika dalam berinternet dan bermedia sosial dengan peserta ribuan wisudawan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News