Bareskrim Polri Bongkar Pabrik Narkoba Berkedok Kantor EO di Malang

Rabu, 03 Juli 2024 – 21:30 WIB
Bareskrim Polri Bongkar Pabrik Narkoba Berkedok Kantor EO di Malang - JPNN.com Jatim
Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada (tengah) saat menunjukkan barang bukti berupa pil ekstasi saat jumpa pers pengungkapan pabrik narkotika sintetis di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (3/7). Foto: Humas Polda Jatim.

jatim.jpnn.com, MALANG - Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri bersama Polda Jawa Timur dan Direktorat Interdiksi Narkotika Bea Cukai membongkar pabrik narkoba terbesar di Indonesia yang berlokasi di Jalan Bukit Barisan, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Klojen, Kota Malang pada Selasa (2/7).

Pengungkapan itu merupakan hasil pengembangan dari penemuan 23 kilogram tembakau sintetis di Kalibata, Jakarta. Petugas kemudian melakukan profiling dan mengarah pada pabrik di Malang.

Pabrik tersebut memproduksi tiga jenis narkoba, yaitu tembakau sintetis (gorila), ekstasi, dan pil xanax.

Dalam penggerebekan dan penggeledahan yang dilakukan, polisi menemukan Clandestine Laboratory dan meringkus lima orang tersangka pekerja di pabrik dan tiga orang pengedar atau kurir.

Kemudian menyita 1,2 ton tembakau sintetis, 25.000 butir pil xanax, 25.000 butir ekstasi, bahan baku untuk 2,1 juta butir ekstasi, dan berbagai peralatan lainnya.

"Pabrik ini beroperasi selama dua bulan dan menghasilkan 4.000 butir ekstasi per hari," ujar Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada dalam konferensi pers di Malang, Rabu (3/7).

Wahyu menjelaskan modus operandi para pelaku, yaitu mereka menyewa rumah dengan alibi sebagai kantor EO (Event Organizer) untuk mengelabui petugas dan masyarakat setempat.

"Proses pembuatan narkoba dikendalikan dari jarak jauh melalui aplikasi video conference oleh WNA yang masih dalam pengejaran," ungkapnya.

Pengungkapan pabrik narkoba terbesar se Indonesia di Malang menangkap lima orang tersangka.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News