Kamera CCTV di Puluhan Ruas Jalan Surabaya Tak Berfungsi, Hambat Penyelidikan Polisi

Jumat, 28 Juni 2024 – 11:06 WIB
Kamera CCTV di Puluhan Ruas Jalan Surabaya Tak Berfungsi, Hambat Penyelidikan Polisi - JPNN.com Jatim
Kasat Lantas Polrestabes Surabaya Arif Fazlurrahman saat menunjukan CCTV kecelakaan di depan Jalan Tunjungan Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Polrestabes Surabaya mengungkap kamera pengawas CCTV di puluhan ruas jalan galat atau tidak berfungsi dengan baik sehingga memperlambat penyelidikan terhadap berbagai peristiwa tindak kejahatan jalanan.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya AKBP Arif Fazlurrahman mengatakan terdapat 24 CCTV yang tak berfungsi dengan baik lantaran sering mati dan beberapa menit kemudian menyala lagi.

"Sebagian besar berlokasi di tengah kota," kata Arif, Kamis (27/6).

Hal tersebut pun membuat petugas Sat Lantas kesulitan menyelidiki pelaku kecelakaan tabrak lari di Jalan Embong malang pada 23 Juni yang mengakibatkan pengendara lansia terluka parah.

Untuk mengidentifikasi pelaku, polisi harus mencari rekaman CCTV yang dipasang secara mandiri di gedung-gedung sekitar tempat kejadian perkara. Namun, gambar rekamannya tak begitu jelas lantaran terlalu jauh.

Selain itu, dalam penyelidikan perkara tabrak lari di Jalan Embong Malang Surabaya, gambar kejadian yang terekam CCTV tampak terhalang oleh pilar-pilar gedung.

"Ini menjadi evaluasi bersama dari pihak kepolisian dan Pemerintah Kota Surabaya untuk sama-sama merawat instrumen-instrumen maupun sarana dan prasarana yang sangat dibutuhkan masyarakat. Terlebih sangat dibutuhkan aparatur negara dalam menjaga Surabaya aman, nyaman, dan tentram," tuturnya.

CCTV dipasang di berbagai ruas jalan Kota Surabaya sejak tahun 2019 untuk memenuhi konsep Smart City demi memberi rasa aman bagi masyarakat.

Sat Lantas Polrestabes dan Dishub Surabaya berkoordinasi untuk mengatasi kamera CCTV tak berfungsi di ruas jalanan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News