Pemkot Surabaya Bangun Ulang Gedung Legendaris di eks Lahan THR-TRS, Apa Itu?

Selasa, 11 Juni 2024 – 10:35 WIB
Pemkot Surabaya Bangun Ulang Gedung Legendaris di eks Lahan THR-TRS, Apa Itu? - JPNN.com Jatim
Ilustrasi : Taman Hiburan Rakyat (THR) yang berlokasi di Jalan Kusuma Bangsa, Surabaya, Jawa Timur. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemkot Surabaya bakal membangun ulang gedung legendaris sebagai bagian dari rangkaian pengerjaan proyek revitalisasi di eks lahan Taman Hiburan Rakyat (THR)-Taman Remaja Surabaya (TRS). Gedung legendaris itu adalah Gedung Srimulat.

Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya, dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya Iman Krestian mengatakan seluruh struktur bangunan Gedung Srimulat dalam kondisi rapuh.

Nantinya, gedung lama dirobohkan terlebih dahulu sebelum dilakukan pembangunan ulang.

"Kami membangun gedung baru karena posisinya itu susah untuk dioptimalkan lagi," kata Iman, Senin (10/6).

Iman menyebutkan konsep dasar pembangunan ulang gedung legendaris itu menyesuaikan dengan kebutuhan pertunjukan di dalam ruangan pada era modern. Bangunan baru itu nantinya diperkirakan mampu menampung 5.000 penonton.

"Pembangunan tahun depan karena anggaran tahun ini tidak disiapkan atau mungkin saja dilakukan kalau ada investor yang masuk," ujar dia.

Selain gedung pertunjukan, Pemkot Surabaya mempersiapkan dua plaza terbuka yang bisa dimanfaatkan untuk pameran otomotif, kontes slalom, maupun konser musik.

"Ada beberapa masukan dari komunitas minta diaspal. Kalau paving khawatir ada konser musik rock tidak maksimal," tuturnya.

Fasilitas lainnya yang siap dikerjakan adalah perbaikan wahana kolam renang. Meski struktur bangunannya masih dalam kondisi baik, tetapi komponen kelistrikan dan pencahayaan sudah rusak.

Gedung legendaris bakal dibangun di lahan eks THR dan TRS oleh Pemkot Surabaya, apa itu?
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News