Telkom University Latih Kader Posyandu Gunakan Aplikasi Monitoring Cegah Stunting

Selasa, 04 Juni 2024 – 13:08 WIB
Telkom University Latih Kader Posyandu Gunakan Aplikasi Monitoring Cegah Stunting - JPNN.com Jatim
Tim pengabdian Telkom University menyosialisasikan aplikasi monitoring untuk pencegahan stunting kepada kader posyandu dari Desa Pepelegi, Sidoarjo. Foto: Dok. Telkom University.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tim pengabdian masyarakat Telkom University Surabaya memberikan pelatihan penggunaan aplikasi untuk memonitor stunting di Posyandu.

Pelatihan itu diikuti lebih dari 20 kader Posyandu dari Desa Pepelegi, khususnya RW IX, Waru, Sidoarjo pada Sabtu (11/5).

Ketua Pengabdian Masyarakat Telkom University Silvi Istiqomah mengatakan pelatihan itu sebagai upaya memperkuat program pencegahan dan penanganan stunting.

“Kami membuat aplikasi khusus yang dirancang untuk memonitor pertumbuhan dan perkembangan anak secara real-time,” ujar Silvi tertulis, Selasa (4/6).

Pengabdian masyarakat itu beranggotakan dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Industri, yakni Silvi Istiqomah, S.T., M.T., Rizqa Amelia Zunaidi, S.T., M.T., Perdana Suteja Putra, S.T., M.T., dan tiga mahasiswa Stephen Harun Nafie, Yosiana Eka, Daseiya Auriello Rossy. 

Mereka memberikan penjelasan fungsi alat dan berbagi pengalaman mengenai penyakit tersembunyi yang perlu diwaspadai oleh kader posyandu.

"Aplikasi itu dilengkapi berbagai fitur, seperti pencatatan data berat dan tinggi badan anak, pemberian notifikasi pengingat jadwal imunisasi dan pemberian makanan tambahan, serta analisis data yang membantu dalam deteksi dini risiko stunting,” jelasnya.

Pendampingan juga dilakukan dalam penggunaan aplikasi untuk memonitor perkembangan balita melalui sesi diskusi dengan dua dosen, Perdana Suteja dan Rizqa Amelia dihadiri para orang tua untuk mendapatkan feedback.

Telkom University Surabaya memberdayakan posyandu untuk memonitoring kondisi anak mencegah stunting.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News