Lumajang Diguncang Gempa Bumi M 5,2, Getaran Terasa di Beberapa Daerah

Sabtu, 11 Mei 2024 – 11:06 WIB
Lumajang Diguncang Gempa Bumi M 5,2, Getaran Terasa di Beberapa Daerah - JPNN.com Jatim
Gempa bumi mengguncang Lumajang dengan kekuatan magnitudo 5,2. Ilustrasi Foto: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Kabupaten Lumajang dilanda gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 pada Sabtu dini hari sekitar pukul 02.34 WIB.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa bumi tersebut terjadi di laut berjarak 112 kilometer Barat Daya Lumajang pada kedalaman sepuluh kilometer.

Dalam peringatan dini yang diekspos melalui sistem aplikasi infoBMKG melaporkan bahwa getaran gempa juga dirasakan beberapa saat oleh warga Jember, Kepanjen, Pacitan, Blitar, Surabaya dan sekitarnya dengan skala II-III MMI.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Namun, BMKG belum melaporkan secara rinci terkait pemicu dan dampak yang ditimbulkan terhadap masyarakat akibat gempa tersebut.

Hingga pukul 03.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Untuk itu, masyarakat diimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisis tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring infoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (antara/mcr12/jpnn)

Kabupaten Lumajang diguncang gempa pada dini hari dengan kekuatan magnitudo 5,2.

Redaktur & Reporter : Arry Dwi Saputra

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News