23 Desa di Situbondo Masih BAB Sembarangan, Targetkan ODF Juni Mendatang

Senin, 06 Mei 2024 – 13:38 WIB
23 Desa di Situbondo Masih BAB Sembarangan, Targetkan ODF Juni Mendatang - JPNN.com Jatim
Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan. ANTARA/Novi Husdinariyanto

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Kabupaten Situbondo ditargetkan bebas buang air besar (BAB) sembarangan atau open defecation free pada 2024. Hal itu sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Timur pada 2021.

Sekda Kabupaten Situbondo Wawan Setiawan mengatakan sampai saat ini dari 136 desa/kelurahan, terdapat 23 desa yang masih BAB sembarangan.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi untuk target tahun 2024, masyarakat tidak BAB sembarangan," kata Wawan, Senin (6/5).

Wawan menjelaskan mayoritas masyarakat di desa-desa yang yang masih buang air besar sembarangan (belum ODF) adalah desa atau wilayahnya dilalui oleh sungai.

"Masih ada kebiasaan masyarakat yang wilayahnya dilalui sungai, mereka BAB di sana," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Sandy Hendrayono mengatakan paling tidak, target semua desa ODF atau bebas BAB sembarangan pada Juni mendatang.

"Beberapa waktu lalu kabupaten/kota di Jatim menandatangani komitmen bersama bebas BAB ODF di tahun 2024. Ini menjadi beban moral dan tanggung jawab bersama bagi kami untuk menyelesaikan permasalahan ODF di Situbondo," tuturnya.

Sandy menyampaikan permasalahan BAB sembarangan tidak bisa hanya diselesaikan oleh pemerintah daerah, tetapi harus kerja bersama, mulai dari pemerintah desa, kecamatan, hingga pemerintah daerah.

Pemkab Situbondo menargetkan bebas BAB sembarang di seluruh wilayah pada Juni 2024.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News