Kadindik Jatim Minta Sekolah Siapkan Siswa Disabilitas Untuk LKSN PDBK

Senin, 29 April 2024 – 15:33 WIB
Kadindik Jatim Minta Sekolah Siapkan Siswa Disabilitas Untuk LKSN PDBK - JPNN.com Jatim
Kadindik Jatim Aries Agung Paewai saat menyerahkan piala penghargaan lomba LKS PDBK tingkat Provinsi Jawa Timur. Foto: Sluce for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai resmi menutup Lomba Keterampilan Siswa bagi peserta didik berkebutuhan khusus (LKSN PDBK) tingkat provinsi, Minggu (28/4).

Lomba tersebut diikuti 253 siswa berkebutuhan khusus yang bertanding dalam sembilan bidang lomba keterampilan, yaitu kreasi barang bekas, membatik, tata busana, hantaran, tata boga, tata rias kecantikan, kriya kayu, serta teknologi informatika dan komunikasi.

Aries mengatakan para peserta disabilitas telah menunjukkan keterampilan yang luar biasa. Keterampilan itu didapat dari proses panjang dalam mengatasinya sehingga mengantarkan mereka meraih prestasi yang membanggakan.

"Pada lomba fashion, rias, membuat hantaran dan cake patut diapresiasi karena menunjukkan siswa memiliki potensi luar biasa yang harus ditingkatkan dan diperhatikan bersama," ucap Aries.

Menurutnya, keterampilan para siswa disabilitas itu diharapkan tidak berakhir di loma saja, tetapi hasil karya mereka bisa memberikan dampak terhadap diri sendiri, keluarga, dan kepentingan komersial dan finansial mereka.

Pj Wali Kota Batu itu menilai anak-anak istimewa tersebut membutuhkan perhatian serius dalam hal peningkatan potensi. Dengan begitu, bibit-bibit baru yang berprestasi akan tumbuh dan terus berkembang.

"Kami harapkan LKS memacu tumbuh kembang anak-anak disabilitas dan bisa terus ditingkatkan (keterampilannya)," tuturnya.

Aries menambahkan LKS tingkat nasional sudah di depan mata sehingga persiapannya harus dimulai sejak dini dengan melatih dan membimbing para siswa untuk bisa menjadi kebanggaan bagi Jatim.

Kadindik Jatim Aries Agung Paewai meminta para sekolah untuk melatih peserta didik mengikuti LKSN PDBK
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News