61 Kasus Flu Singapura Terdeteksi di Surabaya, Dinkes Minta Masyarakat Waspada

Rabu, 17 April 2024 – 17:13 WIB
61 Kasus Flu Singapura Terdeteksi di Surabaya, Dinkes Minta Masyarakat Waspada - JPNN.com Jatim
Terdapat perbedaan antara penyakit cacar air dan flu singapura yang terjadi pada anak. Ilustrasi foto: Tarmizi Hamdi/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya mencatat ada 61 kasus Flu Singapura yang ditemukan sejak Januari hingga 16 April 2024.

Kepala Dinkes Surabaya Nanik Sukristina mengungkapkan puluhan kasus itu teridentifikasi berdasarkan pemeriksaan medis yang dilaporkan oleh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) kota setempat pada aplikasi Sistem Kewaspadaan Dini dan Respon (SKDR).

“Hasil pemeriksaan fisik dari gejala atau keluhan kepada pasien pada bulan Januari-16 April 2024 terdapat 61 kasus Flu Singapura,” kata Nanik saat dihubungi, Rabu (17/4).

Dia menjelaskan Flu Singapura merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi strain Coxsackievirus dan yang paling sering adalah jenis A16. Gangguan itu disebut juga dengan penyakit tangan, kaki, dan mulut (HMFD).

Adapun tanda-tanda yang timbul jika terkena Flu Singapura, seperti lepuhan atau luka pada mulut serta ruam di tangan dan kaki.

“Saat terjadi, gejala yang timbul umumnya ringan sehingga dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari,” ujarnya.

Guna menekan kasus Flu Singapura, Nanik mengimbau masyarakat untuk rutin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, khususnya setelah BAB, mengganti popok anak, menyiapkan makanan, dan sebelum makan.

Selain itu, tidak berbagi alat makan dan minum serta kontak dekat dengan seseorang yang sedang sakit.

Dinkes Surabaya minta masyarakat waspada gejala Flu Singapura, segera periksa jika temukan tanda-tanda atau gejala berikut.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News