Antisipasi Kenaikan Trafik Saat Lebaran, Telkom Tingkatkan Kapasitas Hingga 28Tbps

Jumat, 22 Maret 2024 – 14:26 WIB
Antisipasi Kenaikan Trafik Saat Lebaran, Telkom Tingkatkan Kapasitas Hingga 28Tbps - JPNN.com Jatim
Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia) Ririek Adriansyah

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia) Ririek Adriansyah menyebut akan terjadi peningkatan trafik telekomunikasi selama bulan Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri atau Lebaran 2024. Adapun besarannya mencapai sepuluh persen.

"Rata-rata peningkatan trafik sepuluh persen dari hari biasa, tetapi tergantung daerahnya. Kalau daerah yang banyak dilalui pemudik, peningkatannya bisa lebih," kata Ririek di Surabaya, Kamis (21/3) malam.

Untuk mendukung kualitas layanan saat terjadinya peningkatan trafik telekomunikasi, Telkom telah menyiapkan sejumlah langkah, seperti memperkuat jaringan, menambah kapasitas BTS (Base Transceiver Station), dan langkah lainnya.

Selain itu, melaksanakan program TelkomGroup Siaga RAFI (Ramadan Idulfitri) 1445 H. Program itu dilakukan sejalan dengan komitmen perusahaan untuk mengimplementasikan five bold moves, yakni penerapan fixed mobile convergence (FMC), konsolidasi data center, dan Infraco.

"Program tersebut diharapkan bisa memperkuat peran BUMN untuk masyarakat, khususnya Telkom dalam memberikan manfaat yang maksimal atas layanan terbaiknya bagi pelanggan," ujarnya.

Kemudian ketahanan infrastruktur, perangkat, dan link komunikasi juga rutin dimonitor secara reguler melalui program optimasi jaringan, penambahan kapasitas, dan rekayasa trafik pada link-link maupun area kritis jalur mudik lebaran

“Peningkatan kapasitas sebesar 28 Tbps juga dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi yang terus meningkat tiap tahunnya, di mana tahun ini diproyeksikan mencapai 20,4 Tbp," tuturnya.

Ririek tak menampik, jika pemakaian di satu titik secara bersamaan akan membuat sinyal sedikit melambat lantaran banyak dipakai banyak orang.

Telkom Indonesia akan meningkatkan kapasitas hingga 28 Tbps untuk mengantisipasi kenaikan trafik menjelang Lebaran.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News