Tahun Ini, Pemkot Batu Targetkan 1.001 Pelaku Usaha Dapatkan Sertifikasi Halal

Selasa, 27 Februari 2024 – 14:40 WIB
Tahun Ini, Pemkot Batu Targetkan 1.001 Pelaku Usaha Dapatkan Sertifikasi Halal - JPNN.com Jatim
Sejumlah pelaku usaha yang mendaftar program sertifikasi halal di Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Jawa Timur. ANTARA/HO-Prokopim Setda Kota Batu.

jatim.jpnn.com, BATU - Sebanyak 1.0001 pelaku usaha di Kota Batu ditargetkan bisa mendapatkan sertifikasi halal pada tahun ini.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Kota Batu Aries Setiawan menyebut sertifikasi tersebut sejalan dengan upaya memajukan produk halal di wilayah itu.

"Upaya itu menjadi langkah penting. Ketika pedagang sudah memiliki sertifikasi halal, wisatawan akan makin yakin bahwa produk yang dijual sudah aman," katanya, Selasa (27/2).

Aries menerangkan untuk merealisasikan program tersebut pihaknya kerja sama dengan Satuan Tugas (Satgas) Halal Kementerian Agama Kota Batu.

Kepala Kantor Kemenag Kota Batu Machsun Zain mengatakan bahwa pada 2023, ada sebanyak 1.847 pelaku usaha setempat yang sudah mengantongi sertifikasi halal.

Dengan adanya program yang digagas oleh Pemerintah Kota Batu tersebut, diharapkan akan semakin banyak pelaku usaha yang mendapatkan sertifikasi halal, guna meningkatkan kualitas produk serta menjamin keamanan produk.

"Ini adalah komitmen bersama, untuk menjamin keamanan dan kualitas produk serta mendorong pelaku usaha dalam meningkatkan standar produksi," kata Machsun.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengutarakan rasa aman dan nyaman terhadap suatu produk pangan halal, merupakan hal yang penting bagi pembeli, termasuk para wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu.

Upaya itu diharapkan dapat meyakinkan wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu bahwa produk yang dijual sudah aman.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News