Dinding Pembatas Sepanjang 30 Meter di Kota Batu Roboh Akibat Hujan Deras

Selasa, 30 Januari 2024 – 11:46 WIB
Dinding Pembatas Sepanjang 30 Meter di Kota Batu Roboh Akibat Hujan Deras - JPNN.com Jatim
Alat berat dikerahkan untuk membersihkan material sisa reruntuhan dinding pembatas sepanjang 30 meter yang roboh di Jalan Damin 14, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, Senin (29/1). ANTARA/HO-BPBD Kota Batu.

jatim.jpnn.com, BATU - Dinding penahan berdimensi panjang 30 meter dan tinggi delapan meter roboh menutup akses jalan akibat hujan deras di Kota Batu.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengatakan peristiwa itu terjadi di Jalan Damin 14, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, dan di belakang salah satu hotel berbintang di kawasan tersebut.

"Dinding penahan roboh dengan dimensi panjang 30 meter dan tinggi delapan meter. Material menutup akses jalan utama warga," kata Agung, Senin (29/1).

Dia menjelaskan peristiwa itu terjadi pukul 17.00 WIB dipicu hujan intensitas sedang hingga tinggi yang menyebabkan saluran drainase tak mampu menampung kenaikan debit air.

Luapan air menyebabkan dinding tersebut roboh dan material menutup akses jalan, memutus kabel jaringan PLN serta menyebabkan fasilitas umum di dekat lokasi kejadian rawan ambrol.

"Fasum yang berada di dekat lokasi kejadian, menjadi rawan ambrol. Kemudian, dua rumah tergenang air. Tidak ada korban dalam peristiwa itu," ujarnya.

Dia menambahkan BPBD Kota Batu melakukan kaji cepat dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait serta melakukan pembersihan material yang menutup akses jalan, dan melakukan pemotongan pohon tumbang.

Sejumlah pihak yang turut serta dalam penanganan robohnya dinding penahan tersebut diantaranya adalah Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu, Dinas Pekerjaan Umum, dan Perumahan Rakyat Kota Batu, serta perangkat Desa Beji.

Hujan deras mengakibatkan dinding pembatas sepanjang 30 meter roboh di Kota Batu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News