Disbudpar Jatim & KIP Foundation Dampingi Warga Madiun Perkuat Potensi Desa Wisata

Senin, 26 Februari 2024 – 23:13 WIB
Disbudpar Jatim & KIP Foundation Dampingi Warga Madiun Perkuat Potensi Desa Wisata - JPNN.com Jatim
Disbudpar Jatim bersama KIP Foundation memberikan pendampingan desa wisata di Madiun. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, MADIUN - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim menggandeng Lembaga Kita Indonesia Penggerak (KIP) Foundation memberikan pendampingan desa wisata di Kawasan Selingkar Wilis di Kabupaten Madiun.

Pendampingan desa wisata tersebut berlangsung selama tiga hari di Desa/Kecamatan Kare sejak Selasa hingga Kamis 20-22 Februari 2024. Kegiatan itu diikuti 60 peserta dari pelaku desa wisata Kabupaten Madiun.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Provinsi Jatim Susiati mengatakan pendampingan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku dan pengelola desa wisata berbasis potensi daerah setempat.

Menurutnya, Desa Kare memiliki potensi wisata panorama alam dan budaya yang bagus sehingga dibutuhkan sinergi dan kolaborasi untuk membangu destinasi wisata yang lebih maju.

"Potensi Desa Kare punya kekayaan dan budaya luar biasa sehingga kami perlu peran panjenengan semua untuk membangun desa ini," ujar Susiati tertulis, Senin (26/2).u

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disparpora ) Kabupaten Madiun mengatakan pendampingan itu menjadi salah satu jalan memajukan desa wisata di wilayah setempat.

Dia mengingatkan kepada para peserta terkait kesepakatan bersama antara pemerintah, lembaga, dan masyarakat setempat agar bersama-sama memajukan desa wisatanya.

"Program prioritas desa wisata harus menjadi kesepakatan bersama semua elemen karena tidak bisa hanya mengandalkan satu pihak saja sehingga perlu sinergi dengan pemerintah, pelaku, dan masyarakat desa," tuturnya.

Disbudpar Jatim dan KIP Foundation menggelar pendampingan kepada pelaku dan pengelola untuk meningkatkan potensi desa wisata di Madiun.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News