Pengakuan Kades Ngawi yang Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran, Sebut Ada Paksaan

Selasa, 13 Februari 2024 – 23:34 WIB
Pengakuan Kades Ngawi yang Deklarasi Dukung Prabowo-Gibran, Sebut Ada Paksaan - JPNN.com Jatim
Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kecamatan Karanganyar Ngawi deklarasikan dukung Prabowo Gibran. Foto: tangkapan layar

jatim.jpnn.com, NGAWI - Kepala Desa Sambiroto, Kecamatan Padas, Ngawi, Sri Mulyono menyampaikan klarifikasi seusai video dukungannya kepada Prabowo-Gibran viral di media sosial.

Setelah menjalani pemeriksaan di Bawaslu Ngawi, Sri Mulyono mengaku dipaksa dan diancam untuk membuat video pernyataan dukungan itu.

Kejadian berawal ketika dirinya mendapat telepon dari seseorang yang dia sebut sebagai petinggi di wilayah Kabupaten Ngawi. Hanya saja, dia enggan menjawab secara detail ketika ditanya siapa oknum tersebut.

“Ada tekanan datang dari petinggi Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Ngawi melalui sambungan telepon, disuruh membuat video, intinya tidak aman saja. Kalau mau aman, saya disuruh membuat video itu,” ujar Sri Mulyono, Selasa (13/2).

Yoni, sapaan lekatnya, mengungkapkan, narasi yang diutarakan dalam video deklarasi dukungan itu juga dibuat oleh pelaku yang mengancamnya sehingga hanya membacakan dan merekam video tersebut.

“Saya tahu dan sadar tindakan tersebut melanggar netralitas kepala desa. Terpaksa karena sudah ketakutan dengan ancaman itu akhirnya mau membuat video,” tuturnya.

Yoni tak menyangka jika video itu akan diupload dan disebar di media sosial. Menurutnya, video itu hanya buat dokumentasi pribadi ataupun untuk bukti laporan kepada tim pasangan capres-cawapres 02 itu.

Ketua Bawaslu Ngawi Yohanes Pradana Vidya Kusdanarko, mengaku sudah melakukan pemeriksaan kepada Kades Sambiroto tersebut.

Kades Ngawi mengaku dipaksa buat video dukungan kepada Prabowo-Gibran karena sempat diancam. Berikut selengkapnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News