UC Gandeng Pemkot Surabaya Dorong Digitalisasi UMKM 

Rabu, 07 Februari 2024 – 21:24 WIB
UC Gandeng Pemkot Surabaya Dorong Digitalisasi UMKM  - JPNN.com Jatim
Diskusi publik ‘Membangun Kemampuan Digital UMK yang Berdaya Saing dan Inklusif di Daerah’ di Universitas Ciputra, Surabaya, Rabu (7/2). Foto: Arry Saputra/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Universitas Ciputra (UC) menggandeng Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan untuk mendorong digitalisasi UMKM di Surabaya.

Hal tersebut dikemas dalam sebuah diskusi publik ‘Membangun Kemampuan Digital UMK yang Berdaya Saing dan Inklusif di Daerah’ di kampus setempat, Rabu (7/2).

Koordinator Studi UC Aria Ganna Henryanto S.E., M.Sc mengatakan kegiatan itu sejalan dengan komitmen Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dalam mendigitalksasi UMKM.

“Kami melakukan studi untuk kepentingan pihak-pihak yang bekerja sama dengan kami dalam memetakan UMKM di Surabaya terkait kemampuan digital,” ujar Aria.

Pemkot Surabaya punya target 30 juta UMKM go digital pada 2024. Hal itu didasari dengan kontribusi sekitar 61,9 persen terhadap produk domestik bruto dan menyerap 97 persen tenaga kerja nasional pada 2023.

Berdasarkan Indeks Masyarakat Digital Indonesia (IMDI) 2022 menunjukkan, pemanfaatan produktif teknologi digital masih rendah, bahkan di daerah dengan infrastruktur atau literasi digital yang baik.

“PR-nya banyak. Mereka (UMKM) punya orientasi offline base. Waktu pandemi mulai beradaptasi ke online, tetapi saat sudah normal balik lagi,” katanya.

Aria menyayangkan hal tersebut. Pemberdayaan teknologi digital masih tertinggal dari perkembangan dan peningkatan akses teknologi.

Universitas Ciputra menggandeng Pemkot Surabaya mendorong terciptanya digitalisasi UMKM.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News