Giliran Kampus di Sumenep Sentil Penyelenggara Negara Terkait Pemilu 2024

Rabu, 07 Februari 2024 – 15:14 WIB
Giliran Kampus di Sumenep Sentil Penyelenggara Negara Terkait Pemilu 2024 - JPNN.com Jatim
Rektor Unija Sumenep Sjaifurrachman (tengah) membacakan pesan moral kebangsaan dalam menyikapi momentum Pemilu 2024, Rabu (7/2/2024). (ANTARA/Slamet Hidayat)

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Civitas academica Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep mewanti-wanti penyelenggara negara, termasuk Presiden RI, untuk memberikan teladan dan bersikap netral dalam momentum Pemilu 2024.

Aspirasi tersebut disampaikan dalam aksi aksi bertajuk "Selamatkan Demokrasi Jaga Reformasi" yang digelar di kampus setempat, Rabu (7/2).

Aksi tersebut turut diikuti oleh Rektor Unija Sumenep Sjaifurrachman yang membacakan pesan moral kebangsaan.

"Para penyelenggara negara tidak boleh menggunakan kekuasaannya untuk memenangkan pasangan calon tertentu. Perangi KKN serta melakukan penegakan hukum dan menjunjung tinggi etika dalam bekerja," katanya.

Selain itu, lanjut dia, para penyelenggara Pemilu 2024 dari tingkat atas hingga bawah diminta bersikap netral, adil, jujur, dan amanah.

Dengan begitu, hasil dari penyelenggaraan Pemilu 2024 memiliki kualitas dan legitimasi yang kuat bagi kehidupan bangsa Indonesia yang majemuk.

Civitas academica Unija Sumenep juga berharap aparat negara, baik ASN, TNI, dan Polri selalu bersikap netral dan tidak memihak pada pihak-pihak tertentu.

"Negara wajib menghormati, melindungi, dan memenuhi hak kebebasan berekspresi setiap warga sebagai bagian hak asasi manusia," tutur Sjaifurrachman.

Unija Sumenep menyinggung soal netralitas penyelenggara negara, termasuk masalah KKN dan penggunaan kekuasaan sewenang-wenang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News