HKI Jatim Gagas Pendirian SMK Mitra Industri Tuk Redam Pengangguran

Senin, 05 Februari 2024 – 19:29 WIB
HKI Jatim Gagas Pendirian SMK Mitra Industri Tuk Redam Pengangguran - JPNN.com Jatim
SMK Mitra Industri MM2100 yang berdiri di Kawasan Industri Bekasi, Jawa Barat yang akan menjadi percontohan di Jawa Timur. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Himpunan Kawasan Industri (HKI) Indonesia wilayah Jatim sedang menyiapkan pendirian SMK Mitra Industri pertama di Jawa Timur.

Sekolah itu nantinya diharapkan menjadi jawaban atas tantangan ketersediaan tenaga kerja yang punya keahlian khusus yang dibutuhkan industri.

Untuk mendapatkan gambaran pendirian sekolah itu, pengurus HKI Jatim pada pekan lalu mengadakan benchmark ke SMK Mitra Industri MM2100 yang berdiri di Kawasan Industri Bekasi, Jawa Barat.

Wakil Ketua Bidang Kemitraan dan Hubungan Kelembagaan Internasional HKI Lussi Erniawati mengatakan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah ingin di Jatim segera ada SMK Mitra Industri.

“Kami menyambut baik keinginan Ibu Menteri. HKI Jatim siap mendorong lahirnya SMK Mitra Industri,” ujar Lussi.

Lussi mendorong seluruh kawasan industri yang tergabung di HKI Jatim membantu menyiapkan lahan untuk replikasi SMK Mitra Industri milik Kawasan Industri MM2100 tersebut.

“Untuk SIER, besar kemungkinan akan kami letakkan di PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang) yang merupakan kawasan industri di bawah manajemen SIER," katanya.

Menurutnya, keberadaan SMK Industri sangat dibutuhkan karena SMK yang sudah ada masih belum menjawab sepenuhnya kebutuhan industri.

HKI Jatim mendorong pendidikan vokasi link and match dengan dunia industri.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News