Gubes Unesa Siap Kawal Penegakan Demokrasi untuk Jaga Keutuhan NKRI

Senin, 05 Februari 2024 – 13:26 WIB
Gubes Unesa Siap Kawal Penegakan Demokrasi untuk Jaga Keutuhan NKRI - JPNN.com Jatim
Guru Besar dan Civitas Akademika Universitas Surabaya menggelar deklarasi sebagai pernyataan sikap terhadap dinamika politik yang terjadi di Indonesia. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Guru besar, civitas academica, dan alumni Universitas Negeri Surabaya (Unesa) siap mengawal penegakan demokrasi untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pernyataan tersebut dideklarasikan di Laboratorium Merdeka Belajar Kampus Unesa, Senin (5/2).

Direktur Lembaga Pendidikan dan Sertifikasi Profesi Unesa Dr Martadi MSn menjelaskan tujuan deklarasi itu ialah untuk mengawal tegaknya demokrasi serta menjaga keutuhan NKRI menuju Indonesia Emas 2045. Ada enam poin dalam deklarasi tersebut.

“Pertama, mendorong semua pihak untuk menjaga kebersamaan dan suasana kondusif demi terwujudnya demokrasi yang sehat berasaskan Pancasila dan UUD 1945,” kata Martadi seusai deklarasi.

Kedua, mendorong semua elemen bangsa memberikan teladan yang benar dengan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan prihadi, kelompok, maupun golongan untuk suksesnya Pemilu 2024.

“Ketiga, kepada ASN, pejabat negara, pemerintah, TNI, dan Polri untuk menjaga netralitas dan tidak memihak dalam Pemilihan Umum 2024,” ujarnya.

Keempat, mendorong semua pihak untuk menghargai kebebasan akademik sebagai bagian dari otonomi kampus yang konstitusional tanpa ada tendensi kepentingan politik, Namun, itu semata-mata untuk kepentingan peradaban dan nilai-nilai demokrasi.

“Lalu, mengajak seluruh elemen bangsa untuk memberikan edukasi dan literasi politik kepada masyarakat, sehingga terhindar dari informasi hoaks dan ujaran kebencian agar terwujud Pemilu 2024 yang jujur, adil, aman dan damai,” tuturnya.

Ada enam poin yang disampaikan dalam deklarasi yang diikuti guru besar Unesa hari ini, termasuk soal kebebasan akademik pada Pemilu 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News