Pimpin FRI 2023-2024, Rektor Unesa Siap Wujudkan SDM Unggul Sambut Indonesia Emas

Selasa, 16 Januari 2024 – 23:29 WIB
Pimpin FRI 2023-2024, Rektor Unesa Siap Wujudkan SDM Unggul Sambut Indonesia Emas - JPNN.com Jatim
Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., ditunjuk sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2023-2024 menggantikan Ketua FRI periode 2022–2023, Prof. Dr. Mohammad Nasih SE., MT., Ak. Foto: Humas Unesa

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., ditunjuk sebagai Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) periode 2023-2024 menggantikan Ketua FRI periode 2022–2023, Prof. Dr. Mohammad Nasih SE., MT., Ak.

Pemilihan Prof Nurhasan itu merupakan keputusan bersama pimpinan perguruan tinggi se-Indonesia dalam Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV FRI di Graha UNESA, Kampus II Lidah Wetan, Selasa (16/1).

Di awal menjabat sebagai ketua, Prof Nurhasan menginginkan agar FRI menjadi rumah besar yang menaungi seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

FRI diharapkan sebagai lokomotif utama penyiapan SDM tangguh dan penguatan inovasi menuju bangsa yang berdaya saing.

Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan 3K, yakni komitmen, kerja sama, dan kepedulian. Tiga hal itu menjadi poin utama dalam menjamin keberlangsungan, kemajuan, dan daya saing FRI.

"Ke depan, kita berhadapan dengan dinamika global yang menantang. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kami perlu memperkuat sinergi lewat forum ini untuk menyiapkan SDM dan talenta unggul," kata Prof Hasan dalam sambutannya.

Menurutnya, FRI ke depan harus memperkuat kontribusinya dan selalu hadir untuk memberikan solusi atas berbagai tantangan dan permasalahan dalam mewujudkan Indonesia maju 2045.

Sebagaimana target ketua FRI sebelumnya (Prof Nasih), paling tidak pada 2034, sumber daya manusia Indonesia sudah siap memaksimalkan bonus demografi yang dimiliki.

FRI punya peran penting, yakni ciptakan SDM unggul untuk memaksimalkan bonus demografi yang diperkirakan terjadi pada 2034.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News