Menjelang Imlek 2024, Ornamen Naga Ular Sepanjang 20 Meter Hiasi Surabaya

Selasa, 30 Januari 2024 – 13:33 WIB
Menjelang Imlek 2024, Ornamen Naga Ular Sepanjang 20 Meter Hiasi Surabaya - JPNN.com Jatim
Pembuatan ornamen naga ular untuk sambut perayaan Imlek yang akan ditempatkan di Balai Kota Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ornamen naga ular dengan perpaduan warna merah dan emas sepanjang 20 meter dan tinggi enam meter menghiasi Kota Surabaya.

Ornamen tersebut diletakkan di depan Balai Kota Surabaya untuk menyambut Imlek 2024.

Koordinator Lapangan Dekorasi Kota Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Rudi Hartono menjelaskan pembuatan ornamen ular naga itu sesuai dengan shio di 2024.

Dia menjelaskan pembuatan ornamen terpanjang yang pernah ada tersebut dirakit dari kerangka besi hulu besi beton eser yang dibentuk menyerupai ular.

“Kerangka tersebut nanti dibungkus dengan kain berwarna merah lalu dilukis warna emas. Di dalamnya, nanti diberi lampu agar bisa menyala pada malam hari,” kata Rudi, Selasa (30/1).

Saat ini, kata dia, proses pengerjaan ornamen itu telah mencapai 90 persen. Itu hanya kurang melukis pada bagian leher serta menggabungkan menjadi satu kesatuan hingga terbentuk naga.

“Butuh waktu 14 hari untuk membuat ornamen ini. Kesulitannya membentuk kerangka dari besi itu lalu cuaca juga menjadi faktor lamanya pengerasan karena ini kan harus dilem dan dilukis satu-satu. Kalau mendung ya enggak kering,” ujarnya.

Ornamen tersebut rencananya dipasang Rabu (30/1) ini sekitar pukul 13.00..

Ornamen ular naga sepanjang 20 meter dan tinggi 6 meter menghiasi Balai Kota Surabaya menjelang Imlek 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News