Mengintip Pesona Desa Tematik Baru di Batu, Kampung Sakura

Senin, 22 Januari 2024 – 17:01 WIB
Mengintip Pesona Desa Tematik Baru di Batu, Kampung Sakura - JPNN.com Jatim
Desa tematik Kampung Sakura yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. ANTARA/HO-Prokopim Setda Kota Batu.

jatim.jpnn.com, BATU - Kota Batu menambah destinasi wisata baru, yakni Kampung Sakura yang berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu.

Pengunjung akan serasa berada di Jepang. Di sepanjang jalan, disuguhkan berbagai ornamen bunga sakura yang cantik dan selaras dengan Desa Sidomulyo sebagai desa seribu bunga.

Sejumlah spot rumah Jepang turut didirikan dengan pohon sakura dan tatanan taman sedemikian rupa untuk menambah suasana di Negeri Sakura. Pengunjung juga bisa menyewa baju dan pernak pernik khas Jepang seperti payung, kipas, hingga sewa baju kimono.

Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai mengatakan peresmian destinasi wisata baru tersebut ditandai dengan peluncuran Festival Kampung Sakura.

"Saya bangga dengan adanya Festival Kampung Sakura. Kota Batu memiliki desa tematik terbanyak di Jawa Timur," kata Aries tertulis, Senin (22/1).

Dia menerangkan pengembangan desa wisata tematik merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota Batu untuk menarik minat wisatawan berkunjung.

"Saya harap tematiknya lebih dipertajam sehingga orang bisa kangen untuk berkunjung lagi ke Kota Batu," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Evy Afianasari memberikan dukungan dan apresiasi. Dia berharap keberadaan Kampung Sakura dan Festival Kampung Sakura dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Kota Batu menargetkan setiap kelurahan dan desa di daerah tersebut memiliki wisata tematik, termasuk yang terbaru ialah Kampung Sakura di Desa Sidomulyo.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News