Presiden Jokowi Minta Perguruan Tinggi Perbanyak Riset tuk Cetak SDM Unggul

Senin, 15 Januari 2024 – 13:27 WIB
Presiden Jokowi Minta Perguruan Tinggi Perbanyak Riset tuk Cetak SDM Unggul - JPNN.com Jatim
Presiden Joko Widodo saat menghadiri kegiatan Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia (FRI) 2024 akan berlangsung di GRAHA UNESA, Kampus Universitas Negeri Surabaya (UNESA) II Lidah Wetan Surabaya, Senin (15/1). Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Perguruan tinggi berperan mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul agar bisa mengelola sumber daya alam (SDA) yang melimpah di Indonesia.

Hal tersebut untuk menyongsong Indonesia Emas yang diperkirakan terjadi pada 2034 mendatang.

Pernyataan itu diungkapkan oleh Presiden Jokowi saat menghadiri kegiatan Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia (FRI) 2024 di Graha UNESA Surabaya, Senin (15/1).

“Lembaga pendidikan tinggi yang memiliki peran sangat strategis bukan hanya menguasai ilmu pengetahuan, tetapi terus belajar,” kata Jokowi saat sambutan.

Selain itu, perguruan tinggi juga punya tugas menjadi lembaga riset untuk terus berinovasi dan memecahkan masalah.

Guna meningkatkan kebutuhan riset di Indonesia, Jokowi bakal memerintahkan BRIN untuk menjadi orkestra penelitian bersama sehingga bisa memanfaatkan peluang-peluang yang ada.

“Kuncinya di perguruan tinggi. Orkestra dari BRIN. Perguruan tinggi untuk riset dan develop-nya harus betul-betul diperkuat,” ujarnya.

Menurut Jokowi, fasilitasi lembaga riset memang diperlukan banyak anggaran. Makanya, dia meminta Menteri Pendidikan Nadiem Makarim yang juga hadir untuk memberikan anggaran lebih besar.

Dalam kunjungannya ke Unesa, Jokowi mengungkap pentingnya SDM unggul untuk mengelola SDA yang melimpah di Indonesia.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News