Pengumuman: Taman Nasional Baluran Tutup Sebulan

Kamis, 11 Januari 2024 – 13:53 WIB
Pengumuman: Taman Nasional Baluran Tutup Sebulan - JPNN.com Jatim
Arsip foto--Pengujung wisata Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, berfoto dengan latar Gunung Baluran. ANTARA/Novi Husdinariyanto

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Taman Nasional Baluran Situbondo tutup sementara selama satu bulan, yakni mulai 15 Januari sampai 15 Februari mendatang.

Sesuai surat edaran (SE) Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Johan Setiawan, disebutkan penutupan sementara aktivitas kunjungan wisata itu untuk pemulihan kawasan selepas libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Selain itu, langkah itu bertujuan melakukan evaluasi kunjungan wisata di kawasan suaka margasatwa tersebut.

"Memang benar satu bulan ke depan ditutup sementara untuk kunjungan wisata," kata Humas Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Joko Mulyono, Kamis (11/1).

Selain pemulihan kawasan dan evaluasi selama kunjungan wisata, lanjut dia, penutupan sementara wisata alam di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, itu juga sekaligus akan dilaksanakan pembangunan atau pemeliharaan sarana prasarana wisata.

Sarana prasarana wisata di Taman Nasional Baluran yang akan dilakukan pembangunan, salah satunya pintu masuk utama di jalur dari Batangan menuju Padang Sabana (Bekol) dan dari Bekol menuju Pantai Bama.

"Jadi yang ditutup sementara itu bagi pengunjung, yakni dari pintu masuk utama taman nasional sampai dengan Pantai Bama. Dari pintu masuk sisi barat, Watunumpuk (ke Pantai Merak) tetap dibuka," ucap Joko.

Menurut dia, selama penutupan sementara untuk kunjungan wisata, berbagai sarana prasarana wisata yang akan dibangun itu seperti pembangunan dan penataan tempat UMKM dan pemasangan papan pengumuman di sepanjang jalan pintu masuk menuju Pantai Bama.

Setelah libur akhir tahun usai, Taman Nasional Baluran Situbondo tutup sementara selama sebulan hingga 15 Februari nanti.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News