Bertambah, Populasi Banteng Jawa di TN Baluran Jadi 211 Ekor

Rabu, 11 Oktober 2023 – 19:45 WIB
Bertambah, Populasi Banteng Jawa di TN Baluran Jadi 211 Ekor - JPNN.com Jatim
Indukan jantan banteng Jawa dari Taman Safari Indonesia II Prigen, dilepas ke kandang suaka satwa banteng di kawasan Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur. Rabu (11/10/2023). (ANTARA/Novi Husdinariyanto)

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Populasi banteng jawa atau bos javanicus di kawasan hutan Balai Taman Nasional (TN) Baluran Situbondo saat ini mencapai 211 ekor.

Kepala Balai TN Baluran Johan Setiawan mengatakan ratusan ekor banteng itu merupakan hasil dari data kamera jebakan (camera trap) yang dipasang di beberapa titik kawasan hutan yang berfungsi melindungi fauna itu.

"Ada 211 ekor di mana dari suaka satwa (penangkaran banteng) sudah merilis empat ekor," ujarnya, Rabu (11/10).

Menurut Johan, TN Baluran terus berupaya meningkatkan populasi banteng Jawa.

Salah satunya dengan menambah indukan jantan untuk dijadikan sebagai pejantan unggul bagi lima ekor banteng betina di penangkaran.

Penambahan indukan jantan banteng tersebut juga dalam upaya pengembangbiakan secara semialami di suaka satwa banteng untuk mencegah kepunahan.

"Diharapkan dapat membantu meningkatkan populasi dan mutu keanekaragaman genetik banteng," ucap Johan. (antara/faz/jpnn)

Balai TN Baluran terus berupaya meningkatkan jumlah banteng di kawasan hutan tersebut. Berikut selengkapnya.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News