Polda Jatim Desak Pemda Anggarkan Pemasangan Palang Pintu Kereta di 2024

Kamis, 04 Januari 2024 – 14:09 WIB
Polda Jatim Desak Pemda Anggarkan Pemasangan Palang Pintu Kereta di 2024 - JPNN.com Jatim
Dirlantas Polda Jatim Kombes Komarudin. Foto: Humas Polda Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Polda Jatim mendesak pemerintah daerah menganggarkan pemasangan palang pintu kereta api di perlintasan sebidang pada tahun anggaran 2024.

Hal itu disampaikan Dirlantas Polda Jatim Kombes Komarudin atas temuan banyaknya perlintasan sebidang kereta tanpa palang pintu yang membahayakan keselamatan masyarakat saat melintas.

Komarudin menyampaikan pada akhir tahun 2023 pihaknya telah menggelar rapat koordinasi bersama stakeholder untuk menyikapi persoalan ini. 

Dari rapat itu disimpulkan kebutuhan pemasangan palang pintu di perlintasan sebidang kereta api sangat mendesak untuk segera dibangun.

"Pemerintah Daerah Jawa Timur dan kabupaten kota seluruhnya, untuk menganggarkan tahun 2024, pemasangan palang-palang otomatis pada titik-titik yang masih banyak tak berpalang," ujar Komarudin, Rabu (3/1).

Menurutnya, masyarakat secara sukarela melakukan pengamanan di titik perlintasan sebidang kereta api dengan cara manual demi mencegah kecelakaan.

Adapun pembangunan palang pintu otomatis yang menjadi tanggung jawab pemerintah dinilai lamban pengerjaannya.

"Kemarin kami baru Anev (analisis dan evaluasi), penambahan (pemasangan palang pintu kereta api) hanya baru sebelas titik," katanya.

Polda Jatim mendesak pemerintah daerah menganggarkan pemasangan untuk palang pintu kereta api di 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News