Prodi Kedokteran Unair Banyuwangi Sebentar Lagi Siap Menyelenggarakan Pendidikan

Senin, 25 Desember 2023 – 12:27 WIB
Prodi Kedokteran Unair Banyuwangi Sebentar Lagi Siap Menyelenggarakan Pendidikan - JPNN.com Jatim
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mendampingi tim asesor Fakultas Kedokteran Kampus Unair Banyuwangi. ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melakukan asesmen lapangan melihat berbagai kesiapan Fakultas Ilmu Kesehatan, Kedokteran, dan Ilmu Alam (FIKKIA) Unair Kampus Banyuwangi, sebelum menyelenggarakan pendidikan.

"Alhamdulillah, tahapan demi tahapan telah dilalui FIKKIA Unair Kampus Banyuwangi untuk mewujudkan program studi (prodi) kedokteran di Banyuwangi. Kami bersama Unair terus bersinergi menyiapkan prodi kedokteran bisa segera dibuka tahun depan," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Minggu (24/12).

Selain penyiapan SDM unggul dan memperkuat budaya akademis bersama kampus-kampus lain di Banyuwangi, kata dia, kehadiran beberapa jurusan baru di Unair Kampus Banyuwangi, termasuk kedokteran, akan turut menggeliatkan perekonomian daerah.

Ipuk menyampaikan asesmen lapangan dilaksanakan selama dua hari, yakni 22-23 Desember 2023, di Kampus FIKKIA Unair Banyuwangi. Hadir dalam asesmen itu Rektor Unair Prof Mohammad Nasih, Bupati, dan pihak dari pemkab dan FIKKIA Unair Banyuwangi.

Menurut Ipuk, dibukanya prodi kedokteran akan menjadi pengungkit kualitas SDM sekaligus ekonomi warga Banyuwangi.

"Prodi itu akan menarik banyak pelajar dari berbagai daerah di Indonesia untuk datang ke Banyuwangi. Selain berdampak secara ekonomi, tentunya ini juga ikut mengerek kualitas SDM di Banyuwangi," katanya.

Rektor Universitas Airlangga Prof Nasih menjelaskan tim asesor telah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap fasilitas, kurikulum, tenaga pengajar, dan infrastruktur pendukung yang akan digunakan pada prodi kedokteran di FIKKIA Unair Banyuwangi.

"Asesmen lapangan ini menjadi penentu. Tim asesor akan memberikan rekomendasi dan menilai kelayakan kita dalam menyelenggarakan pendidikan kedokteran yang berkualitas," ucapnya.

Lembaga akreditasi mempersiapkan Prodi Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Banyuwangi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News