Golkar Berada di Papan Atas Parpol Jatim Berkat Efek Elektoral Gibran

Minggu, 24 Desember 2023 – 17:17 WIB
Golkar Berada di Papan Atas Parpol Jatim Berkat Efek Elektoral Gibran - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Sirajt membeberkan hasil survei elektabilitas parta politik di Jatim. Foto: Source for JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas partai politik di Jatim. PKB berada di peringkat pertama disusul PDIP, Gerindra, dan Golkar. Jarak keempat partai berdekatan.

"Jarak antarempat partai ini berada di dalam batas margin of error, yakni tiga persen," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat memaparkan hasil survei, Minggu (24/12).

Elektabilitas PKB berada di angka 16,8 persen, lalu PDIP 16,2 persen, Gerindra 15,5 persen, dan Golkar 14,9 persen.

Selisih Golkar dengan PKB tak sampai dua persen. Hal itu memungkinkan partai berlambang pohon beringin tersebut naik ke peringkat pertama meski diperlukan kerja keras.

Menurut Baihaki, tren Golkar cenderung naik faktor coattail effect pencalonan Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Prabowo Subianto.

"Tren elektabilitas Prabowo-Gibran terbaru beranjak naik. Tren kenaikan paslon 2 itu berimbas pada Golkar yang notabenenya adalah partai pertama yang mendeklarasikan mengusung Gibran sebagai cawapres," ungkapnya.

Dia menjelaskan wilayah Mataraman adalah basis Jokowi yang sempat dikuasai Ganjar, lalu kini beralih ke Gibran. Ketika orang mencari tahu Gibran dalam proses cawapresnya, orang akan mengetahui Golkar partai pertama yang mengusung.

Selain itu, tren Golkar perlahan naik karena kerja keras kader selama hampir tiga setengah tahun di bawah komando Sarmuji yang membuat acara di mana-mana, sowan ke ulama NU, Muhammadiyah, hingga LDII.

Golkar berada di empat besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi di Jatim berkat efek elektoral Gibran.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News