Pemprov Serahkan 7.000 Bibit Pohon tuk Pemulihan Ekosistem Tahura Raden Soerjo

Minggu, 24 Desember 2023 – 21:48 WIB
Pemprov Serahkan 7.000 Bibit Pohon tuk Pemulihan Ekosistem Tahura Raden Soerjo - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) pada saat melakukan kunjungan kerja di Pemandian Air Panas Tahura Raden Soerjo, di Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (24/12/2023). ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim.

jatim.jpnn.com, BATU - Pemprov Jatim menyerahkan 7.000 bibit pohon eucalyptus dan cemara kepada Masyarakat Peduli Api (MPA) dan sukarelawan tahura. Itu dilakukan untuk memulihkan ekosistem Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo pascakebakaran beberapa waktu lalu.

"Bibit tanaman itu nantinya akan ditanam di lahan yang terdampak kebakaran," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Kota Batu, Minggu (24/12).

Adapun untuk daerah-daerah yang sulit dijangkau, pihaknya akan mengupayakan untuk dilakukan aeroseeding. Pemprov Jatim pernah melakukan aeroseeding dibantu armada dari Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

"Jadi, itu nanti harus mendapat izin terlebih dahulu dari KSAU (Kepala Staf TNI Angkatan Udara) seperti yang dahulu kami lakukan," ujarnya.

Seperti diketahui, kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu merusak 4.767,24 hektare lahan dan hutan di kawasan tersebut. Kebakaran itu merupakan dampak dari fenomena El Nino dan ulah manusia tidak bertanggung jawab.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Jumadi menyampaikan dalam rangka pemulihan pascakebakaran hutan di wilayah Tahura Raden Soerjo, dilakukan upaya pemulihan melalui Gerakan Satu Pohon untuk Arjuno yang disebarluaskan melalui akun instagram Tahura Raden Soerjo.

Jumadi menyampaikan ada keinginan Gubernur Khofifah untuk SDM pengelola kehutanan memiliki kemampuan pada pengelolaan sektor wisata, khususnya di Tahura Raden Soerjo.

"Harapannya kawasan itu tetap terjaga dan juga memperkuat konservasi sekaligus memberi manfaat pada masyarakat," ujarnya. (antara/faz/jpnn)

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga akan meminta izin KSAU untuk melakukan aeroseeding untuk pemulihan Tahura Raden Soerjo.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News