Kebakaran Hutan di Gunung Panderman Padam, Lahan 29 Hektare Hangus

Sabtu, 25 November 2023 – 12:21 WIB
Kebakaran Hutan di Gunung Panderman Padam, Lahan 29 Hektare Hangus - JPNN.com Jatim
Salah satu personel BPBD Kota Batu pada saat melakukan pemadaman api di Gunung Panderman, Kota Batu, Jawa Timur, Kamis (23/11). ANTARA/HO-BPBD Kota Batu.

jatim.jpnn.com, BATU - BPBD Kota Batu menyatakan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Panderman, Kota Batu telah padam.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Baru Agung Sedayu mengatakan saat ini sudah tidak ada kepulan asap yang muncul di sekitar Gunung Panderman. Namun, sejumlah personel masih melakukan pemantauan.

"Untuk hari ini sudah padam, tidak terlihat kepulan asap," kata Agung, Jumat (24/11).

Agung menjelaskan sejumlah personel yang melakukan pemantauan ditempatkan di Jalur Lintas Barat (Jalibar) Kota Batu dan bertujuan untuk memastikan tidak ada lagi kepulan asap dan munculnya titik api baru.

Selain itu, tim BPBD Kota Batu juga melakukan penyisiran di sejumlah titik yang terdampak kebakaran untuk memastikan dan mengecek kondisi terakhir areal hutan seusai kebakaran sejak Selasa (21/11).

"Saat ini tim melakukan pemantauan Gunung Panderman dari Jalur Lintas Barat. Sementara penyisiran akan dilakukan untuk memastikan sisa kebakaran telah benar-benar padam," ujarnya.

Berdasarkan catatan BPBD Kota Batu, kebakaran yang dipicu sambaran petir di lereng Gunung Panderman yang merembet ke puncak tersebut, menghanguskan kurang lebih 29 hektare areal hutan dan lahan.

"Dampak kerusakan pada area seluas 29 hektare," jelasnya.

Kebakaran hutan dan lahan di Gunung Panderman Kota Batu dilaporkan telah padam. Kepulan asap sudah menghilang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News