Ubaya dan Kodam V/Brawijaya Ajak Mahasiswa Maknai Ideologi Pancasila

Kamis, 07 Desember 2023 – 19:42 WIB
Ubaya dan Kodam V/Brawijaya Ajak Mahasiswa Maknai Ideologi Pancasila - JPNN.com Jatim
Diskusi Antiradikalisme menghadirkan Rektor Ubaya Benny Lianto (dua dari kanan) dan Pangdam V/Brawijaya Farid Makruf (tiga dari kanan). Foto: Humas Ubaya.

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar diskusi bertema Pencegahan Radikalisme/Terorisme dan Konflik Sosial Melalui Wawasan Kebangsaan Tahun 2023.

Kegiatan itu bekerja sama dengan Bakesbangpol Provinsi Jatim dan Kodam V/Brawijaya di Hotel Swiss-Belinn Airport Surabaya, Kamis (7/12).

Seminar yang diikuti ratusan mahasiswa dari 12 perguruan tinggi di Jatim itu menghadirkan dua narasumber, yakni Rektor Ubaya Dr Benny Lianto dan Pangdam V/Brawijaya Farid Makruf

Wakil Rektor III Ubaya Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. apt. Christina Avanti mengatakan seminar itu bertujuan membangun kemampuan mahasiswa agar mampu menempatkan diri secara positif dalam kultur yang beragam dan dinamis.

“Melalui acara ini, mahasiswa diharapkan memiliki wawasan kebangsaan yang baik sebagai warga negara yang bertanggung jawab,” kata Christina.

Sementara itu, dalam materinya, Benny menyampaikan ada empat dosa besar dalam dunia pendidikan yakni intoleransi, perundungan, kekerasan seksual, serta radikalisme.

“Untuk itu, yang dibutuhkan adalah literasi data, teknologi, dan manusia. Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Bela Negara perlu berkolaborasi dengan aparat seperti Kodam Brawijaya agar manfaatnya langsung dirasakan mahasiswa,” ujarnya.

Sementara itu, Farid Makruf mengatakan Indonesia tidak pernah kalah melawan penjajah dari luar negeri, tetapi selalu kalah karena intrik dari dalam.

Ubaya dan Kodam V/Brawijaya menggelar diskusi antiradikalisme mengajak mahasiswa memaknai ideologi Pancasila.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News