Berkat Inovasi Dinding Penahan Tanah, 3 Mahasiswa ITS Raih Juara GEC

Senin, 04 Desember 2023 – 10:05 WIB
Berkat Inovasi Dinding Penahan Tanah, 3 Mahasiswa ITS Raih Juara GEC    - JPNN.com Jatim
Pemenang juara 1,2 dan 3 dalam kompetisi Geoteknikal Engineering Competition (GEC) 2023 yang didukung oleh PT Teknindo Geosistem Unggul. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tiga mahasiswa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang tergabung dalam kelompok Mugiwara keluar menjadi juara satu dalam gelaran Geotechnical Engineering Competition (GEC) yang diselenggarakan pada Sabtu (3/12).

Mereka ialah Ikbar Makhabbatan Salam, Ella Herawati, dan Vincent Hans Siputra yang merupakan mahasiswa semester tujuh  jurusan teknik sipil.

Mereka terpilih menjadi juara seusai membuat prototype terkait dinding penahan tanah atau Mechanically Stabilized Earth (MSE) wall.

Prototype yang mereka buat berhasil menahan beban hingga 50 kilogram tanpa longsor.

Ketua kelompok Mugiwara Makhabbatan Salam mengatakan dari penilaian para juri, desain dinding penahan tanah milik kelompoknya bisa menjadi juara lantaran paling ekonomis.

Dia mengungkapkan kesulitan yang mereka adalah membuat desain lantaran hanya diberikan waktu selama satu minggu sebelum grand final.

“Tahapan technical meeting hanya H-7 hari atau seminggu. Jadi, itu yang kami persiapkan untuk mencari bahan dan lainnya, trial dan error, tujuh hari itu benar-benar disiapkan. Kesulitannya itu menentukan desain dengan waktu yang singkat,” kata Salam.

Dia berharap juara yang diraih bisa memotivasi mahasiswa semester di bawahnya untuk mengikuti jejaknya.

Tiga kelompok dari ITS, Politeknik Malang dan Universitas 11 Maret Solo jadi juara gelaran GEC tahun 2023
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia