Bundaran Taman Pelangi Surabaya Mending Dibangun Underpass Atau Flyover Saja?

Rabu, 25 Oktober 2023 – 14:46 WIB
Bundaran Taman Pelangi Surabaya Mending Dibangun Underpass Atau Flyover Saja? - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menginginkan terdapat undrpass (jalan bawah tanah) di Bundaran Taman Pelangi untuk mengurai kemacetan Jalan Ahmad Yani.

Eri mengatakan saat ini pemkot masih menganalisis lokasi tersebut, apakah lebih cocok dibangunkan underpass atau flyover (jembatan layang).

"Kedua-duanya memungkinkan, tetapi saya berharapnya underpass. Jadi, wajah kota tidak tertutup karena di sana ada taman. Kalau overpass kan jadi tertutup," katanya tertulis, Rabu (25/10).

Pemkot Surabaya juga masih menghitung besaran biaya atau menganggarkan rencana proyek tersebut.

"Yang pasti dikerjakan pada 2024. Kami masih berdiskusi biayanya (lebih murah) mana antara flyover dan underpass," ujarnya.

Eri menyebutkan pembangunan jalan penghubung di kawasan Bundaran Taman Pelangi itu rencananya akan dikerjakan Kementerian PUPR. Adapun biaya untuk pembangunannya akan dibebankan melalui APBN.

Dia menjelaskan jika yang nanti dibangun underpass, otomatis pemkot harus terlebih dahulu mengubah aliran sungai. Itu karena di bawah bundaran itu terdapat sungai yang mengalir dari Jalan Injoko menuju Jalan Jemursari.

"Kalau (underpass), di bawahnya sungai kan tidak mungkin. (Sebenarnya) bisa, tetapi harganya pasti akan mahal. Jadi sungainya diputus, kami ubah alirannya," tuturnya.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengungkapkan sebenarnya Bundaran Taman Pelangi sama-sama bisa dibangun underpass atau flyover. Cuma begini.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News